Suka Makan Jengkol? Begini Cara Memasak Jengkol Agar Tidak Berbau

2 min read

Bagi sebagian orang yang menyukai jengkol, terkadang memakannya adalah sebuah pilihan yang sulit. Hal ini karena setelah memakan jengkol, secara otomatis mulut akan berbau menyengat dan tidak sedap.

Karena bau mulut tersebut, tingkat kepercayaan diri menjadi rendah dan bahkan sampai tidak berani berkomunikasi dengan orang yang lainnya.

Cara Memasak Jengkol Agar Tidak Berbau

Padahal, jengkol sendiri memiliki rasa yang begitu nikmat. Selain itu, terkadang banyak orang yang mengeluhkan apabila jengkol memiliki rasa yang sedikit pahit. Oleh karena itu, Anda perlu mengetahui bagaimana cara memasak jengkol agar tidak berbau ataupun memiliki rasa yang pahit.

Cara Memasak Jengkol Agar Tidak Bau dan Pahit

Kini Anda tidak perlu ragu lagi apabila hendak memasak jengkol meskipun setelahnya mulut menjadi bau. Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi bau dari jengkol yang begitu menyengat.

Cara berikut ini juga pasti akan ampuh untuk mengatasi masalah rasa jengkol yang terkadang masih ada pahitnya. Jika sudah penasaran, sebaiknya langsung saja simak beberapa cara berikut ini.

1. Kupas dan Cuci Jengkol Hingga Bersih

Cara memasak jengkol agar tidak berbau yang paling dasar adalah dengan mengupasnya. Dalam proses mengupas harus benar-benar hati-hati dan teliti apakah semua kulit terkelupas. Hal ini karena selain kulitnya yang tipis, terkadang juga cukup sulit mengupasnya.

Setelah itu bisa langsung mencuci semua jengkol yang telah dikupas hingga benar-benar bersih. Bisa saja aroma pahit yang Anda rasakan datang karena proses pengupasan atau pencucian yang kurang bersih. Oleh karena itu, jangan menyepelekan proses satu ini.

2. Rendam Menggunakan Air Es

Mungkin banyak yang belum mengetahui jika dengan merendam jengkol menggunakan air es bisa mengurangi aroma bau yang nantinya akan timbul. Cara memasak jengkol agar tidak berbau ini tidak boleh dilewatkan karena tidak membutuhkan waktu yang lama.

Rendam Jengkol Menggunakan Air Es

Cukup rendam selama kurang lebih 30 menit saja lalu Anda bisa memasaknya. Namun, apabila ingin mendapatkan hasil yang lebih baik, Anda bisa mencampurkan beberapa daun sirih ataupun soda.

3. Rebus dengan Daun Jeruk Purut

Anda mungkin belum mengetahuinya tetapi merendam jengkol dengan bahan tertentu merupakan cara memasak jengkol agar tidak bau dan pahit. Daun jeruk purut sendiri memiliki aroma yang cukup menyengat sehingga bagus mampu menghilangkan bau tak sedap di dalam jengkol.

Pastikan untuk menumbuk daun jeruk purut tersebut terlebih dahulu agar aromanya bisa menguar dengan sempurna. Anda bisa menunggu selama kurang lebih 30 menit hingga daun jeruk tersebut mampu menetralisir aroma yang ada di dalam jengkol.

4. Rebus dengan Kopi

Seperti yang telah disinggung sebelumnya jika cara memasak jengkol agar tidak berbau biasa dilakukan dengan merendamnya. Kali ini, bahan yang dibutuhkan adalah kopi bubuk. Anda bisa menggunakan kopi bubuk instan atau kopi kopi tradisional yang langsung ditumbuk sendiri.

Tidak perlu mencampurkan gula sedikitpun karena justru akan merusak khasiat dari rendaman. Anda bisa menambahkan bubuk sesuai dengan jumlah jengkol yang dimiliki lalu rendam setidaknya selama satu jam agar baunya bisa benar-benar hilang.

5. Rebus dengan Daun Salam

Daun salam merupakan salah satu jenis dedaunan sering digunakan sebagai campuran masakan. Selain sebagai bahan campuran masakan, Anda juga bisa memanfaatkannya untuk menghilangkan aroma tidak sedap pada jengkol.

Cara memasak jengkol agar tidak menimbulkan bau satu ini sebaiknya Anda lakukan semalam sebelumnya. Namun, waktu perendamannya tidak perlu terlalu lama karena daun salam memiliki khasiat yang cukup ampuh sehingga cukup mencampurkannya saja maka aroma tak sedap pada jengkol bisa hilang.

6. Memperhatikan Teknik Pemasakan

Memperhatikan teknik dalam memasak jengkol juga bisa menjadi salah satu cara memasak jengkol agar tidak berbau. Pertama-tama, jengkol harus direbus menggunakan bumbu yang lengkap terlebih dahulu dalam jangka waktu yang cukup lama.

Setelah dipastikan mendidih, Anda bisa menggorengnya menggunakan api kecil. Mengenai bumbunya, Anda bisa memilih resep apa saja yang diinginkan atau disukai. Yang terpenting adalah harus dimasak dalam waktu yang sangat lama.

7. Teknik Merebus Jengkol

Meskipun terlihat sepele, terkadang masih banyak orang yang tidak benar-benar bisa merebus makanan satu ini. Kebanyakan orang memilih untuk merebus jengkol dalam waktu yang sangat lama, bahkan hingga berjam-jam.

Teknik Merebus Jengkol yang benar

Cara tersebut benar-benar tidak efektif karena jengkol sendiri tidak boleh dimasak hingga lembek atau dalam tingkat kematangan yang tinggi. Anda harus merebus dengan waktu secukupnya. Lalu, untuk cara menggoreng jengkol agar tidak bau adalah dengan menggunakan minyak baru dan bukan bekas makanan lainnya.

Nah, itulah beberapa cara memasak jengkol agar tidak berbau atau bahkan pahit. Alasan paling masuk akal apabila jengkol yang Anda makan pahit adalah karena pengupasan yang kurang bersih. Selain itu, Anda juga perlu memperhatikan teknik pemasakan ataupun penggorengannya agar benar-benar tidak berbau dan tidak pahit.