Cara Membedakan Kenari Jantan dan Betina Secara Mudah

3 min read

Burung kenari merupakan salah satu jenis burung indah dengan suara merdu yang paling banyak dipelihara. Tidak terlalu sulit untuk membedakan burung kenari jantan dengan betina. Perbedaannya dapat dilihat secara langsung dan bisa dicermati melalui fisik kenari.

Dengan mengetahui jenis kenari jantan ataukah betina, Anda dapat lebih mengoptimalkan metode pemeliharaan yang dilakukan. Berikut cara membedakan kenari jantan dan betina yang perlu Anda ketahui.

Cara Membedakan Kenari Jantan dan Betina Secara Fisik

Kenari adalah burung yang cukup banyak peminatnya di kalangan para pecinta burung. Di antara kenari jantan dan kenari betina, kebanyakan lebih memilih kenari jantan karena mempunyai suara kicau yang unik dan lantang.

Cara Membedakan Kenari Jantan dan Betina Secara Mudah

Ukurannya pun relatif lebih besar secara fisik, sehingga tampak lebih gagah kenari jantan daripada kenari betina. Inilah cara untuk membedakan kenari jantan dengan betina dilihat secara fisik.

a. Berdasarkan Bentuk Postur

Postur tubuh pada kenari jantan secara sekilas terlihat lebih gagah dan sedikit lebih besar ukurannya daripada kenari betina. Postur tubuh kenari jantan juga lebih tinggi daripada kenari betina. Namun perbedaan ini hanya akan tampak pada kenari dewasa, sedangkan ketika masih berusia muda cukup sulit membedakannya karena mirip.

b. Berdasarkan Bentuk Kepala

Cara membedakan kenari jantan dan betina dapat juga dilihat dari bentuk kepalanya. Pada kenari jantan bentuk kepala biasanya tampak lebih cepak, sedangkan pada kenari betina bentuk kepalanya cenderung lebih bulat dan lebih mungil. Bentuk kepala ini sudah dapat dikenali ketika kenari masih kecil dan belum punya bulu.

c. Berdasarkan Letak Mata

Kenari jantan dengan kenari betina juga dapat dibedakan dari posisi mata. Pada kenari jantan, posisi kedua mata tampak sejajar dengan bagian paruh, sehingga ketika dilihat sekilas tampak lurus di bagian wajahnya. Sedangkan pada kenari betina, posisi kedua mata cenderung lebih ke atas paruh. Perbedaan letak mata ini sudah bisa diamati saat kenari masih berusia muda ataupun dewasa.

d. Berdasarkan Bentuk Kaki

Kenari jantan mempunyai bentuk kaki yang lebih kokoh dan tampak besar. Berbeda dengan kenari betina yang bentuk kakinya cenderung lebih kecil, ramping, serta tampak tidak terlalu kokoh meskipun sebenarnya sama kuat. Ukuran kaki pada kenari jantan pun relatif lebih panjang daripada kenari betina. Inilah yang menyebabkan tubuh kenari jantan sedikit lebih tinggi daripada kenari betina.

e. Berdasarkan Bentuk Kloaka

Perbedaan kenari jantan dan betina dari ekor dapat diamati dengan melihat bentuk kloaka. Kenari jantan memiliki kloaka yang bentuknya lurus dan lebih menonjol sekaligus berfungsi sebagai kelamin, berbeda dengan kenari betina yang tidak ditemukan tonjolan ini sehingga terlihat rata dan datar.

ciri burung kenari jantan

Anda dapat mengamati kloaka ini terutama ketika sedang masa kawin, karena lebih mudah tampak.

ciri burung kenari betina

f. Berdasarkan Warna pada Tulang Belakang

Pada kenari jantan, sepanjang bagian tulang belakang warna bulunya lebih pekat dan menampakkan kesan tegas. Sementara itu, pada kenari betina warnanya juga terlihat tegas dan pekat, hanya saja tidak membentang ke seluruh tulang belakang seperti pada kenari jantan.

Cara Membedakan Kenari Jantan dan Betina Umur 4 Bulan

Kenari yang berusia 4 bulan sudah mulai bisa dibedakan secara fisik. Meskipun beberapa fitur tubuh masih serupa, Anda sudah dapat membedakan antara kenari jantan dengan betina secara lebih mudah.

Oleh karena itu, ketika hendak memelihara kenari dengan jenis kelamin tertentu lebih baik dalam masa ini. Berikut cara membedakan kenari jantan dan betina ketika umur 4 bulan.

a. Perbedaan pada Bagian Wajah

Perbedaan kenari jantan dan betina sudah dapat dikenali dari corak wajahnya bahkan ketika di usia 4 bulan. Burung kenari pertama kali membuka mata saat usianya menginjak tujuh hari. Setelah itu tampak jelas perbedaan wajah antara kenari jantan dengan betina. Pada kenari jantan mata sejajar dengan paruh, sedangkan pada kenari betina mata berada sedikit di atas bagian paruh.

b. Ekor atau Dubur Kenari

Cara membedakan kenari jantan dan betina melalui ekor atau dubur adalah perbedaan paling signifikan. Hal ini karena kelamin kenari terletak pada bagian ini sehingga dapat diamati secara langsung. Kenari jantan mempunyai tonjolan di bagian ini sebagai kelamin, sedangkan pada kenari betina tampak datar.

c. Bentuk dan Ukuran Kepala

Meskipun di usia muda beberapa burung kenari masih belum ditumbuhi bulu, saat itulah Anda dapat melihat perbedaan kenari jantan dan betina berdasarkan bentuk dan ukuran kepala. Kenari jantan mempunyai bentuk kepala yang pipih serta datar dan agak condong vertikal, sedangkan kenari betina bentuk kepalanya relatif bulat.

Cara Membedakan Kenari Jantan dan Betina Umur 2 Bulan

Cara membedakan kenari jantan dan betina sudah dapat dilakukan saat kenari masih berusia dua bulan. Selain dllihat dari ekornya, pada usia dua bulan bisa dilihat dari kebiasaan. Kenari jantan mempunyai lompatan yang lebih tinggi daripada kenari betina, karena bentuk fisiknya cenderung lebih kuat dan kokoh.

Selain itu, perbedaan kenari jantan dan betina yang usianya masih kurang dari 37 hari bisa dilihat pada saluran pembuluh vena. Pada kenari jantan terdapat semacam garis hitam yang melintang dari perut hingga kloaka, sedangkan kenari betina tidak mempunyai garis hitam ini. Saat masih usia dua bulan, kenari jantan tubuhnya sedikit lebih besar daripada kenari betina.

Itulah cara membedakan kenari jantan dan betina dilihat dari ekor, kepala, dan dari kondisi fisik lainnya. Di kalangan pecinta burung, mengetahui perbedaan antara kenari jantan dengan kenari betina adalah hal penting.

Selain karena terdapat sedikit perbedaan dalam hal perawatan, kenari jantan harga pasarannya relatif lebih tinggi. Jika masih bingung mengetahui perbedaannya, Anda dapat bertanya kepada ahli yang lebih berpengalaman.