Cara Memberikan Akses Google Drive untuk Pengguna Lain

Google drive dapat dipakai untuk berbagai kebutuhan. Yang utama adalah menyimpan file karena user menerima kapasitas gratis 15 GB. Selain itu, platform ini juga memiliki fitur terintegrasi dengan Google Docs dan lainnya sehingga bisa untuk bekerja secara kolaborasi.

Cara Memberikan Akses Google Drive

Untuk tujuan tersebut, user perlu mengetahui cara memberikan akses Google Drive ke akun atau pengguna lain.

Cara Memberikan Akses Google Drive

Cara memberikan akses google drive ke orang lain tidak sulit bahkan mirip dengan sharing konten via link. Akan tetapi, pengguna memiliki beberapa fitur untuk menentukan level akses.

Untuk mengetahui lebih lanjut tentang membuat akses google drive tersebut, simak penjelasan berikut ini.

1. Akun gmail dan google drive

Karena Anda akan memakai layanan dari google,langkah pertama adalah mempunyai akun. Saat ini, Anda cukup membuat email hingga verifikasi selesai lalu bisa mengakses semua fitur google termasuk drive tersebut.

Jika menggunakan komputer atau laptop, buka website gmail dan ikuti semua prosedur. Anda membutuhkan nomor telepon untuk verifikasi. Cara lain adalah memakai smartphone terutama platform android. Satu akun gmail akan terintegrasi untuk semua layanan dari google.

2. File atau folder

Setelah semua siap, buka google drive di laptop melalui url https://drive.google.com/drive/ . Anda akan melihat tampilan platform ini seperti file explorer di window. Bagian kiri ada folder my drive, shared with me, recent, stared, dan trash.

file dan folder pada google drive

Jika belum ada file, Anda bisa upload terlebih dahulu. Gunakan fitur new di kiri atas. Selain itu, Anda bisa mengatur file dengan membuat folder di my drive.

Pilih file atau folder yang akan diakses lalu klik kanan dan pilih share yaitu ikon mirip orang dengan tanda tambah. Ikon ini juga ada di atas tanpa perlu klik kanan.

cara share file google drive

Menu popup segera muncul. Selanjutnya, ketik akun email atau grup yang akan menerima akses ke konten yang telah dipilih.

3. Level Akses

Langkah selanjutnya di cara memberikan akses Google Drive adalah menentukan level akses. Di bagian kanan, ada menu dropdown berisi viewer, commenter, dan editor. Masing-masing memiliki level akses berbeda. Contoh dibawah ini untuk share link ke semua orang dengan level akses hanya sebagai viewer saja :

level akses pada google drive

Viewer untuk user lain yang sekedar melihat atau membuka file. Mereka tidak dapat memindahkan dan melakukan edit. Anda juga bisa memberikan akses commenter yaitu user tersebut bisa membuat catatan tertentu tetapi tidak dapat edit.

Level selanjutnya adalah editor yaitu user memiliki akses penuh untuk menambah, mengurangi, menghapus, dan melakukan apapun terhadap konten yang sudah di share.

Anda perlu melakukan download file langsung dari google drive. File atau folder tersebut bisa dibuka oleh siapapun. Nama pemilik konten juga tersedia. Semua orang tidak bisa mengubah karena akses hanya sebatas viewer.

Akan tetapi, user seperti Anda bisa download file tersebut lalu simpan di local drive atau copy ke my drive. Karena konten sudah berpindah tempat, kepemilikannya adalah sama dengan pemilik akun yaitu Anda sendiri. Konten tersebut menjadi milik Anda. Hal seperti ini bisa diperiksa di bagian detail.

4. Notifikasi email dan share link

Langkah selanjutnya adalah memberikan notifikasi email untuk pengguna yang akan menerima akses. Terakhir, Anda membuat link dan cara share. Jika akses dibuat untuk publik, orang lain bisa melihatnya tetapi hanya sebatas level viewer.

Anda adalah user yang menerima akses untuk membuka konten di google drive orang lain. Contohnya, teman kantor atau kuliah saling sharing file bahkan berkolaborasi. Untuk mengaksesnya, Anda perlu mengetahui cara membuka link google drive.

Link inilah yang digunakan sebagai akses dan verifikasi. Cara membukanya sangat mudah yaitu masuk ke email lalu pilih pesan dan klik link tersebut. Anda segera diarahkan langsung ke google drive lalu muncul folder tersebut.

Untuk mengecek file dan folder apa saja yang  di share dengan Anda,  cek menu di bagian kiri yaitu shared with me.

Cara memberikan akses Google Drive kepada user lain sudah dijelaskan. Prosesnya mudah dan aman bahkan akses bisa menggunakan password untuk privasi.

Dengan share akses dan konten, pengguna google drive mampu meningkatkan kapabilitas layanan tersebut. Satu lagi yang juga penting adalah cek bagian storage di kiri bawah yang menunjukkan kapasitas yang sudah terpakai dan masih tersisa.