Cara Membuat Barcode Google Maps dengan dan Tanpa Aplikasi

Adanya perkembangan teknologi digital tak bisa dipungkiri semakin memudahkan dalam segala aspek. Contoh yang saat ini sedang trend adalah dengan menempatkan barcode lokasi pada kartu undangan.

Cara Membuat Barcode Google Maps

Dengan memanfaatkan cara membuat barcode Google Maps, kini semua bisa membagikan lokasi acara pada undangan.

Cara Membuat Barcode Google Maps dengan Mudah

Kalau melihat di kartu undangan biasanya mencantumkan denah lokasi secara konvensional, sayang biasanya tidak menunjukkan lokasi secara tepat. Nah, ada cara membuat denah lokasi undangan yang lebih mudah dan akurat, yaitu dengan memanfaatkan Google Maps.

Google Maps sebagai aplikasi peta yang ada pada perangkat smartphone memang dikenal bisa menunjukkan lokasi dengan akurat.

Mengubah lokasi acara menjadi barcode kemudian membagikannya di kartu undangan tentu akan membuat orang yang diundang bisa lebih mudah menemukan lokasi rumah atau acara Anda. Berikut cara membuat barcode Google Maps yang mudah.

Membuat Barcode Google Maps Tanpa Aplikasi

Membuat Barcode Google Maps Tanpa Aplikasi
  1. Buka Browser > Buka Maps

Cara membuat barcode Google Maps bisa dilakukan tanpa aplikasi bantuan lain. Langkah awal, buka aplikasi web browser dari smartphone Anda. Setelah browser terbuka, selanjutnya buka aplikasi Maps dari smartphone Anda.

  1. Cari Lokasi yang Ingin Dibagikan

Dari Maps, cari lokasi yang ingin Anda bagikan. Untuk lebih memudahkan, bisa menggunakan kolom pencarian. Jika ingin lebih akurat, gunakan fitur lokasi terkini Anda yang ada pada Maps dengan menyalakan fitur GPS pada ponsel Anda.

  1. Tekan Tombol Bagikan > Copy Link

Setelah menemukan lokasi yang ingin dibagikan, selanjutnya tekan tombol ‘Bagikan’ atau ‘Share’ yang ada di bagian bawah maps. Setelah itu, akan muncul beberapa pilihan. Pilih pada opsi ‘Copy Link’.

Membuat Barcode Google Maps
  1. Buka Situs barcode-generator.org

Jika sudah, selanjutnya buka situs barcode-generator.org atau situs barcode generator lainnya. Setelah itu, pada halaman awal situs tersebut, tempel atau paste link yang sudah dicopy tadi ke kolom yang tersedia. Klik pada tombol ‘Create QR Code’ maka QR code Google Maps Anda sudah selesai dibuat.

Membuat Barcode Google Maps dengan Aplikasi

Cara membuat barcode Google Maps juga bisa dilakukan dengan memanfaatkan aplikasi pihak ketiga. Saat ini sudah ada banyak aplikasi barcode generator yang bisa Anda manfaatkan untuk membuatnya. Berikut langkah-langkahnya.

  1. Install Aplikasi Barcode Generator

Salah satu aplikasi yang bisa Anda gunakan untuk membuat barcode adalah Barcode Generator. Ada berbagai pilihan aplikasi lain yang bisa menjadi pilihan.

  1. Buka Google Maps, Tentukan Lokasi > Share

Langkah selanjutnya sama dengan langkah pada cara pertama, buka Google Maps lalu temukan lokasi yang ingin dibuat barcode. Gunakan fitur pencarian untuk memudahkan atau, jika ingin lebih akurat dan mendetail, bisa juga gunakan fitur gambar satellite.

  1. Bagikan ke Aplikasi Barcode Generator

Jika sudah menemukan lokasi yang diinginkan, di bagian bawah maps akan ada beberapa pilihan menu. Pilih pada menu ‘Share’ atau ‘Bagikan’. Selanjutnya akan ditampilkan beberapa pilihan aplikasi dimana Anda bisa membagikan lokasi tersebut. Pilih pada aplikasi Barcode Generator.

Setelah itu, Anda akan dialihkan langsung ke aplikasi Barcode Generator. Ketika dialihkan ke aplikasi ini biasanya barcode sudah jadi. Untuk menyimpannya, bisa dengan cara screenshot dan hasilnya bisa Anda buka dari galeri.

Itu tadi adalah 2 metode atau cara membuat barcode Google Maps yang bisa Anda ikuti untuk membuat barcode sendiri dengan mudah. Setelah mengetahui cara ini, kini Anda bisa membagikan lokasi dengan lebih akurat dari maps dalam bentuk barcode yang bisa discan kapanpun.