Cara Membuat Calok Udang yang Enak

2 min read

Pernahkah Anda mendengar nama Calok Udang? Jika belum, maka wajar saja, sebab Calok Udang ini lebih banyak ditemui di wilayah kepulauan Bangka Belitung. Calok udang merupakan olahan hasil laut yang dibuat oleh masyarakat dalam bentuk sambal yang siap dicocol dengan berbagai makanan.

Calok atau kecalok ini dibuat dari fermentasi udang yang biasanya digunakan sebagai bahan utama pembuatan terasi. Udang-udang yang digunakan sangat kecil-kecil, dan hanya muncul pada musim tertentu saja.

Cara Membuat Calok Udang yang Enak

Maka saat musimnya tiba, masyarakat berbondong-bondong untuk mencari udang kecil tersebut untuk dibuat makanan. Salah satu yang mereka buat adalah sambal calok udang. Berikut ini akan dijelaskan bagaimana Cara Membuat Calok Udang yang tepat.

Beberapa Cara Membuat Calok Udang

Calok Udang ini bisa dijadikan sebagai makanan pendamping. Salah satu kuliner khas Indonesia ini bisa awet atau bertahan sampai beberapa lama. Biasanya sambal calok udang ini digunakan untuk makan lalapan atau menjadi cocolan ikan yang dipanggang. Apabila Anda berkunjung ke Bangka Belitung, Anda bisa menemukan calok ini dijual sebagai oleh-oleh khas daerah sana.

Calok udang menjadi salah satu pendamping makanan yang menjadi favorit bagi sebagian orang. Meski sederhana, namun membuat calok udang juga membutuhkan cara-cara yang tepat. Sambal calok udang bisa juga dibuat dengan mentah. Nah untuk mengetahui cara membuatnya, berikut adalah beberapa Cara Membuat Calok Udang.

Cara Membuat Calok Udang Mentah

Berikut ini adalah beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk membuat sambal kecalok. Adapun bahan-bahan yang dibutuhkan di antaranya yaitu bawang merah, cabe, jeruk asam, dan kecalok. Untuk lebih jelasnya, simak Cara Membuat Calok Udang berikut ini:

  1. Ambillah bawang merah dan cabe rawit secukupnya. Setelah itu, iris tipis-tipis kedua bahan tersebut. Anda bisa menyesuaikan dengan selera dan jumlah yang Anda inginkan, juga bisa disesuaikan dengan tingkat kepedasan yang diinginkan.
  2. Tambahkanlah perasan jeruk kunci atau jenis jeruk asam lainnya pada irisan bahan-bahan tadi. Jeruk ini berguna untuk membuat sambal terasa lebih asam.
  3. Jika sudah, campurkanlah kecalok dengan bahan-bahan di atas, lalu aduk-aduk sampai rata. Calok harus diaduk sampai rata supaya semua bahan benar-benar menyatu. Jika tidak rata, maka rasanya pun akan berbeda.
  4. Jika sambal mentah sudah jadi, Cara Membuat Calok Udang berikutnya adalah menyiapkan lalapan. Anda dapat menyiapkan pucuk ubi rebus, jantung pisang rebus, dan lalapan lainnya. Sesuaikan dengan keinginan Anda. Setelahnya, sajikanlah sambal dengan nasi hangat dan ikan panggang.

Cara Memasak Sambal Kecalok

Cara Memasak Sambal Kecalok

Selain disajikan mentah, sambal kecalok juga dapat dibuat matang. Adapun bumbu-bumbunya hampir sama dengan calok udang yang mentah, hanya ditambahkan dengan tomat saja. Berikut adalah Cara Membuat Calok Udang yang dimasak:

  1. Iris tipis-tipis bahan-bahannya, yaitu bawang merah, bawang putih, dan juga tomat. Ketiga bahan ini jumlahnya bisa Anda sesuaikan dengan banyak sedikitnya sambal yang Anda ingin buat. Namun terlalu banyak bawang putih juga tidak bagus untuk sambalnya.
  2. Tuangkan minyak ke penggorengan, jika sudah panas, lalu masukkan bahan-bahan yang sudah diiris tipis-tipis dan tumislah.
  3. Jika sudah tercium bau enak dari tumisan tersebut, berikutnya adalah memasukkan garam dan udang kecalok. Lalu tumis kembali campuran irisan bahan dengan kecalok.
  4. Tunggulah sampai bahan-bahan tersebut terlihat cukup matang dan sudah tergoreng semua.  
  5. Apabila Anda yakin sudah matang, angkat dan taruhlah di atas cobek. Anda bisa mulai mengulek sambal ini dengan kasar, tidak perlu terlalu lembut.
  6. Apabila sudah selesai diulek, Anda bisa menyajikannya dengan lalapan atau bakaran ikan. Jika sudah, maka Anda hanya tinggal menikmati hasil dari proses pembuatan sambal udang tersebut.

Nah, itulah tadi Beberapa Cara Membuat Calok Udang, dari yang mentah maupun yang dimasak. Apabila Anda menyukai calok udang, memang alangkah lebih baik jika Anda bisa membuatnya sendiri di rumah. Sehingga jika Anda sedang ingin calok, Anda bisa membuatnya sendiri.

Karena calok udang memang tak tersebar di seluruh penjuru negeri, dan tidak semua orang cocok dengan rasanya yang khas. Semoga artikel ini membantu Anda yang sedang merindukan sambal calok udang ya.