Cara Membuat Kripik Apel yang Renyah dan Enak dengan Oven

2 min read

Untuk mengetahui cara membuat kripik apel yang renyah dan enak, Anda bisa menyimak ulasan resep dan cara-cara yang akan dijelaskan pada artikel ini

Tahukah Anda jika Apel bisa diolah menjadi berbagai macam camilan? Ya, apel menjadi salah satu buah kaya akan kandungan vitamin dan juga kandungan lain yang berguna untuk tubuh. Dan saat ini, buah ini juga banyak diolah menjadi berbagai macam makanan.

Cara Membuat Kripik Apel dengan Oven

Seperti dodol apel, jenang apel, dan juga kripik apel. Jika Anda pecinta apel dan ingin menikmati apel dengan bentuk dan rasa yang bervariasi, Anda bisa mencoba untuk membuat kripik apel.

Cara Membuat Keripik Apel dengan Oven

Apel menjadi buah yang saat ini banyak dikreasikan dan diolah menjadi berbagai macam camilan. Salah satu yang paling sering dibuat adalah kripik dari apel. Cara membuat kripik apel juga tidaklah sulit, maka dari itu banyak orang yang membuat kripik ini.

Baca juga : Cara Membuat Calok Udang yang Enak

Jika Anda ingin membuatnya, Anda juga bisa memulai dengan menyiapkan bahan-bahan yang Anda butuhkan untuk membuat kripik, kemudian mengikuti langkah-langkah berikut ini.

Adapun resep atau bahan-bahan yang harus Anda siapkan untuk cara membuat keripik apel oven adalah sebagai berikut:

  • 4 sampai 5 buah apel malang
  • 50 ml air lemon
  • 2 sendok makan gula pasir
  • 1 sendok kayu manis
  • Mentega secukupnya

Jika bahan-bahan yang dibutuhkan di atas sudah Anda penuhi semuanya. Maka langkah berikutnya adalah menjelaskan cara membuat kripik apel dengan oven supaya bisa renyah dan juga enak. Berikut ini adalah langkah-langkah yang perlu Anda lakukan:

1. Mengupas apel

Langkah pertama untuk membuat kripik apel adalah dengan mengupasnya terlebih dahulu. Jika sudah dikupas kulitnya, Anda juga harus membuang biji-biji apel yang ada di dalamnya. Karena dengan begitu, kripiknya akan mudah dimakan karena isinya sudah dibersihkan.

Baca juga : Cara Mengeluarkan Ulat Gigi dengan Cuka Apel

2. Iris apel tipis-tipis

Langkah berikutnya adalah dengan memotong-motong tipis apel tersebut sesuai selera kripik Anda. Akan ada bagusnya jika Anda menggunakan saja alat pemotong yang biasa digunakan. Karena dengan begitu, apelnya pun akan dapat sama rata tingkat tipisnya, sehingga matangnya pun dapat merata.

3. Campurkan kayu manis dan gula pasir

Jika sudah, Anda bisa mencampurkan bahan-bahan lainnya, yaitu  kayu manis dan gula pasir menjadi satu wadah. Campurkanlah bahan-bahan tersebut dalam satu buah wadah. Anda juga perlu memastikan bahwa kesemua bahan tersebut benar-benar tercampur dengan baik, sehingga hasilnya akan lebih optimal.

4. Gunakan air perasan lemon

Setelah itu, langkah atau cara membuat kripik apel dengan oven adalah dengan mencelupkan irisan apel ke dalam perasan lemon. Salah satu bahan yang sudah disebutkan di atas adalah perasan air lemon. Masukkanlah kurang lebih 50 ml air perasan lemon tersebut ke dalam wadah yang berbeda. Jika sudah, maka Anda bisa mencelupkan apel yang sudah diiris tipis-tipis tersebut.

5. Oleskan dengan kayu manis dan gula

Setelah diolesi. Anda bisa mengguling-gulingkannya di atas campuran kayu manis dengan gula yang sudah ada di dalam wadah terpisah. Pastikan bahwa semua adonan tercampur rata saat akan digunakan untuk mengguling-gulingkan atau melumuri irisan apel.  

6. Menyiapkan loyang untuk tempat mentega

Jika semua bahan sudah siap, maka Anda bisa menyiapkan sebuah loyang dan mengolesinya dengan mentega. Anda bisa menggunakan mentega jenis apapun. Jika ingin hasil yang bagus, maka gunakan mentega yang juga berkualitas. Jika sudah, lapisi loyang dengan kertas pemanggang. Penggunaan lapisan tersebut ditujukan supaya kripik nantinya tidak rusak.

7. Tata irisan apel ke loyang

Jika loyang sudah siap, cara membuat kripik apel berikutnya adalah dengan meletakkan irisan yang sudah dilumuri campuran bahan ke loyang. Tata dengan rapi di loyang supaya matangnya merata dan sempurna.

8. Masukkan irisan apel ke dalam oven

Jika sudah siap semuanya, maka siapkan oven. Masukkan loyang tadi ke dalam oven dan panggang dengan suhu sekitar 120 derajat celcius. Tunggulah sampai matang, waktu yang dibutuhkan untuk matang sekitar satu jam. Anda bisa menandainya dengan melihat warna dari kripik apel. Kripik apel biasanya akan matang jika warnanya sudah kecoklatan.

Jika sudah matang, segeralah angkat kripik tersebut dan diamkan beberapa menit supaya kripik menjadi dingin dan tidak panas lagi. Jika sudah tidak panas, segera masukkan ke dalam toples, supaya tetap kriuk.

Nah, itulah tadi beberapa cara membuat kripik apel yang bisa Anda lakukan di rumah. Caranya sangatlah mudah bukan? Sehingga meskipun Anda belum pernah membuatnya, Anda tetap bisa membuat sendiri dengan mengikuti langkah-langkah yang sudah dijelaskan di atas.

Adapun bahan-bahannya juga sangat mudah untuk didapatkan, sehingga Anda bisa dengan cepat mendapatkannya. Cara membuat keripik apel tanpa vacuum frying di atas juga bisa Anda coba bersama keluarga maupun teman-teman Anda.