Mudahnya Cara Membuat Pupuk Kompos dari Daun Mangga

2 min read

Dikarenakan cara membuat pupuk kompos dari daun di bawah ini sangat sederhana, Anda pun bisa membuatnya sendiri dengan mudah, kehadiran pupuk kompos sangat membantu kesuburan lahan.

Pupuk ini memiliki beragam manfaat seperti memperbaiki kelembapan, dan unsur hara tanah, serta mampu memberi nutrisi yang dibutuhkan oleh tanaman. Kompos sendiri terbuat dari bahan-bahan organik dan tidak merusak lingkungan, selain itu tidak diperlukan biaya yang mahal untuk mendapatkan pupuk ini.

Cara Membuat Pupuk Kompos dari Daun Kering dengan Em4

Pada dasarnya dalam Cara Membuat Pupuk Kompos dari Daun Anda memerlukan bantuan starter yang berfungsi untuk mengaktifkan bakteri pengurai. Umumnya bahan yang banyak digunakan adalah Em4, bahan ini biasanya berupa cairan cokelat yang bisa dibeli di toko pertanian.

Cara Membuat Pupuk Kompos dari Daun Kering

Di dalam Em4 terdapat berbagai macam mikroorganisme yang sangat berguna, zat ini mampu meminimalisir pertumbuhan mikroorganisme jahat, dan meningkatkan populasi mikroorganisme baik.

Itulah alasan kenapa Em4 sering dijadikan sebagai starter, karena penggunaan cairan ini dalam kompos secara langsung dapat mempengaruhi kandungan di dalamnya. Namun, bagi Anda yang kesulitan menemukan bahan ini di toko pertanian, Anda bisa menggantinya dengan cara membuat pupuk kompos dari daun kering tanpa em4. Langkah yang Anda perlukan hampir sama, bedanya Anda hanya perlu mengganti Em4 dengan kotoran sapi atau kambing untuk dijadikan sebagai starter.

Cara Membuat Pupuk Kompos dari Daun-daunan

Sebelum masuk ke dalam cara membuat pupuk kompos dari daun, Anda perlu mengetahui kriteria daun yang dapat diolah menjadi kompos seperti berikut.

Cara Membuat Pupuk Kompos dari Daun-daunan

a. Manfaatkan Daun yang Sudah Tua

Hakikat kompos sendiri ialah pupuk yang terbuat dari sampah organik, jadi untuk membuatnya manfaatkanlah daun yang sudah tua. Mengapa harus daun yang sudah tua? Karena daun tersebut akan berguguran dengan sendirinya, sehingga Anda hanya perlu mengambilnya dari atas tanah. Namun jika ada daun muda yang ikut berguguran, Anda juga bisa mengambilnya sebagai bahan campuran dengan perbandingan 3:1.

b. Pilih Daun yang Masih Hijau

Cara membuat pupuk kompos dari daun berikutnya yaitu pastikan bahwa daun tua yang Anda ambil masih terdapat warna hijau, dalam artian meski warnanya telah menguning namun daun tersebut tidak mengering sempurna.

Daun yang mengering dan mudah hancur hanya menyisakan kandungan organik yang sangat sedikit. Sehingga manfaat kompos bagi pertumbuhan tanaman tidak akan terasa.

c. Pilih Jenis Daun Dengan Ukuran yang Ideal

Supaya Anda mendapatkan kuantitas kompos yang banyak, maka pertimbangkan untuk memilih daun-daunan dengan ukuran yang agak besar. Hal ini merupakan cara membuat kompos sederhana dan cepat, karena Anda tidak perlu mengumpulkan daun terlalu banyak.

Jenis daun yang ideal misalnya seperti daun mangga. Daun ini punya ukuran yang lumayan besar, kemudian saat berguguran jumlahnya juga terbilang banyak. Anda bisa mengumpulkan daun ini menggunakan bantuan karung atau polybag, untuk kemudian diolah menjadi kompos.

Cara Membuat Pupuk Kompos dari Daun Mangga

Dauh dari pohon mangga adalah salah satu jenis daun yang sering digunakan sebagai pupuk kompos, berikut tahapan untuk membuatnya :

Cara Membuat Pupuk Kompos dari Daun Mangga

a. Siapkan Media Pembuatan Pupuk Kompos

  • Cara Membuat Pupuk Kompos dari Daun yang pertama yaitu memilih tempat pembuatan. Pastikan tempat yang Anda pilih memiliki kelembapan yang baik, serta tidak terkena sinar matahari.
  • Selanjutnya buat media pembentukan kompos dengan kotak persegi yang terbuat dari kayu. Dimensinya adalah 1 x 2 x 1 m, dan buatkan pula penutup untuk kotak tersebut.
  • Jika kotak sudah jadi, sekarang siapkan kantung untuk bagian dalam media tersebut. Anda bisa menggunakan karung atau polybag dengan ukuran yang telah disesuaikan dengan kotak. Lalu lubangi bagian bawah kantung tadi sebagai penyaringan air. Jangan lupa juga untuk memberi lubang di bagian samping untuk menjaga sirkulasi udaranya.

b. Pencacahan Daun

Sebelum diolah menjadi kompos, daun mangga perlu dihancurkan terlebih dahulu, tujuannya supaya proses fermentasi dapat merata dengan cepat.

Untuk menghancurkannya Anda bisa menggunakan gunting untuk memotong 3-5 daun sekaligus, namun agar lebih efisien sebaiknya dalam proses ini Anda menggunakan mesin penghancur daun. Setelah daun menjadi bagian yang lebih kecil, kini Anda bisa melakukan pengomposan.

c. Pengomposan

  • Pertama silahkan siapkan tanah gembur sebagai pelapis saat dilakukan pengomposan
  • Masukkan daun yang telah Anda hancurkan ke dalam media pengomposan hingga 40cm, selanjutnya lapisi bagian atasnya dengan tanah.
  • Kemudian ulangi proses tadi hingga daun yang Anda kumpulkan tidak tersisa, lalu padatkan daun dengan menekannya menggunakan sekop.
  • Siram daun yang telah Anda padatkan menggunakan starter berupa cairan Em4 atau pupuk kandang yang sudah dilarutkan dengan air.

Cara membuat pupuk kompos dari daun yang terakhir, tutupi bakal kompos tadi menggunakan plastik, lalu pasang tutup media kompos dengan rapat. Dalam proses ini Anda perlu menunggu kurang lebih 6 minggu hingga pupuk kompos siap digunakan. Selagi menunggu, aduklah adonan kompos setiap seminggu sekali untuk membantu pemerataan fermentasi.