Cara Membuat Selai Nanas yang Mudah dan Tahan Lama

2 min read

Buah nanas cukup banyak ditemukan di berbagai daerah di Indonesia, inilah yang kemudian menjadi sebab berbagai olahannya cukup mudah ditemukan.

Selain dinikmati secara langsung, ternyata Anda bisa membuat selai dari nanas. Cara membuat selai nanas juga sederhana dan mudah untuk dilakukan.

Cara Membuat Selai Nanas

Cara Membuat Selai Nanas untuk Nastar

Anda ternyata bisa membuat sendiri selai nanas hanya dengan waktu yang singkat, bahkan bisa dibuat di rumah dengan peralatan yang sederhana. Untuk selai nanas yang dipakai untuk isian kue nastar, berikut merupakan resep mudahnya.

Bahan yang digunakan:

  1. Nanas satu kilogram, bisa menyesuaikan kebutuhan.
  2. Gula pasir 500 gram.
  3. Kayu manis 2 buah.
  4. Empat buah cengkeh, cuci bersih.
  5. Setengah sendok teh vanili bubuk.
  6. Garam seperempat sendok teh.

Cara membuat selai nanas untuk isian kue nastar:

  1. Nanas dikupas, dipotong, dan dicuci sampai bersih.
  2. Parut nanas sampai halus kemudian kemudian masak parutan nanas tersebut di dalam sebuah wadah, kemudian didihkan dan biarkan airnya menyusut.
  3. Masukkan kayu manis, cengkeh, serta vanili yang sebelumnya telah dipersiapkan. Tambahkan gula dan garam secukupnya, kemudian aduk perlahan sampai benar-benar kental.
  4. Masak hingga selai susut airnya atau sampai agak padat, jangan lupa diaduk terus secara perlahan.
  5. Buat kering selai nanas tersebut, karena makin sedikit kandungan air yang ada di dalamnya, maka akan semakin awet selai nanas yang dibuat.
  6. Jika sudah yakin matang benar, angkat dan dinginkan. Kemudian simpan di dalam wadah yang tertutup dengan rapat.

Cara Membuat Selai Nanas Tahan Lama

Jika sebelumnya untuk isian nastar, yang satu ini merupakan cara membuat selai nanas sederhana, namun dengan daya tahan yang lebih tinggi dibandingkan dengan selai sebelumnya. Untuk membuat selai khusus ini, Anda membutuhkan bahan-bahan berupa:

  1. Nanas 1 buah, pilih yang berukuran sedang.
  2. 100 gram gula pasir, bisa disesuaikan dengan kebutuhan.
  3. Kayu manis satu buah.
  4. Cengkeh dua buah

Selanjutnya adalah cara membuat selai nanas agar memiliki daya simpan dengan rentang waktu yang lama, yakni:

  1. Kupas nanas, kemudian potong menjadi empat bagian sama besar. Ambil bagian inti nanas, kemudian pisahkan.
  2. Parut semua nanas tersebut dan masukkan dalam sebuah wadah.
  3. Masak parutan nanas ini dengan api yang sedang, untuk cara membuat selai nanas selanjutnya adalah dengan menambahkan kayu manis serta cengkeh untuk menambah cita rasa. Aduk perlahan sampai air di dalamnya benar-benar menyusut.
  4. Kecilkan api, kemudian masukkan gula pasir sambil terus diaduk sampai benar-benar kering dan lengket. Tak berapa lama selai akan berubah warna menjadi kuning kecoklatan, tanda bahwa ia segera masak.
  5. Untuk menjaganya tetap tahan lama, ia harus kering dan kental dan biarkan warnanya kuning kecoklatan gelap. Jika sudah masak dan airnya menyusut, Anda bisa mengangkatnya.
  6. Dinginkan selai sebelum disimpan di lemari es, gunakan jika memang diperlukan.

Cara Membuat Selai Nanas untuk Olesan Roti

Terakhir adalah membuat selai nanas untuk dioleskan pada roti tawar, biasanya lebih sering dinikmati untuk sarapan di pagi hari. Selai ini harus lebih lembut dan halus, sehingga teksturnya tidak kering dan mudah untuk diaplikasikan. Bahan yang Anda perlukan untuk membuat selai jenis ini antara lain:

  1. Nanas satu buah ukuran sedang, cincang halus hingga terbagi menjadi dua bagian.
  2. ¾ cup gula pasir ukuran kecil.
  3. Sepertiga cup air.
  4. Sebuah jeruk nipis, buang bijinya kemudian iris tipis-tipis.
  5. Setengah sendok teh mentega atau butter.

Cara membuatnya cukup sederhana, yakni:

  1. Nanas yang sudah di cincang halus diberi tambahan gula  pasir, air, serta irisan jeruk nipis ke dalam panci. Masak dengan api sedang sampai benar larut sambil diaduk rata.
  2. Jika sudah mendidih, tambahkan mentega, aduk kembali dan biarkan masak selama 30 menit. Anda bisa memilih tingkat kekentalan pada tahap ini, jika dirasa sudah cukup, angkat kemudian dinginkan.
  3. Masukkan ke dalam wadah kedap udara, kemudian tutup dengan rapat.

Demikianlah cara membuat selai nanas yang sederhana, semoga bisa bermanfaat untuk Anda karena membuat sendiri selai nanas untuk dikonsumsi jauh lebih sehat.