Cara Membuka Situs yang Diblokir di Google Chrome Melalui PC dan HP

2 min read

Pernah mengalami saat mengakses sebuah situs tapi ternyata situs tersebut tidak bisa diakses atau diblokir? Tak usah khawatir, hal ini sudah umum terjadi karena situs-situs yang bersangkutan biasanya telah melanggar aturan atau dianggap merugikan.

Ada beberapa cara mengatasinya. Cara membuka situs yang diblokir di Google Chrome misalnya, jika Anda menggunakan browser ini.

Cara Membuka Situs yang Diblokir di Google Chrome PC

Cara membuka situs yang sudah diblokir bisa Anda lakukan dimana saja dengan perangkat apa saja. Seperti salah satunya adalah cara membuka situs yang diblokir di Google Chrome melalui PC berikut.

Ada cara yang membutuhkan aplikasi pihak ketiga, ada pula yang tidak. Berikut ini adalah cara tanpa menggunakan aplikasi pihak ketiga.

Cara Membuka Situs yang Diblokir di Google Chrome PC

1. Buka Chrome Webstore

Langkah pertama, buka Chrome Webstore. Jika sudah masuk ke Chrome Webstore, selanjutnya pilih pada ekstensi ‘Browsec VPN-Free and Unlimited VPN’. Atau, untuk memudahkan, Anda bisa langsung mengakses laman berikut

https://chrome.google.com/webstore/detail/browsec-vpn-free-and-unlihttps://chrome.google.com/webstore/detail/browsec-vpn-free-and-unli/omghfjlpggmjjaagoclmmobgdodcjboh/.

Setelah itu, klik ‘Add to Chrome‘ untuk memulai memasang.

2. Klik pada ‘Add Extension’

Jika sudah, berikutnya akan muncul pop up pemasangan Browsec VPN. Klik pada opsi ‘Add Extension’ untuk melanjutkan. Cara ini berlaku secara umum dan bisa diterapkan pada semua tipe Windows. Jadi bisa juga dijadikan cara membuka situs yang diblokir di pc Windows 10.

3. Buka Browsec VPN

Setelah Browsec VPN terpasang, Anda selanjutnya sudah bisa mengakses extension Browsec VPN ini. Caranya, klik ikon yang ada di bagian kanan atas. Jika sudah, Anda harus memilih server terlebih dahulu. Jangan lupa untuk menggeser tooglenya terlebih dahulu untuk mengaktifkan.

tutorial Browsec VPN

Cara Membuka Situs yang Diblokir di Google Chrome HP

Membuka situs yang diblokir juga bisa Anda lakukan dari perangkat smartphone Anda. Cara membuka situs yang diblokir di Google Chrome ini sebenarnya tidak jauh berbeda dengan membuka situs diblokir melalui PC.

Anda bisa menggunakan bantuan aplikasi pihak ketiga atau tanpa aplikasi. Nah, cara berikut bisa Anda terapkan tanpa bantuan aplikasi pihak ketiga.

1. Cari Web Proxy

Langkah pertama, buka aplikasi browser Google Chrome dari hp android Anda. Jika sudah melalui kolom pencarian, masukkan kata pencarian ‘Web Proxy‘ lalu tekan enter dari keyboard Anda.

Cara Membuka Situs yang Diblokir di Google Chrome HP

2. Pilih Salah Satu Web Proxy

Setelah itu, di layar akan ditampilkan hasil pencarian penyedia layanan web proxy. Hasilnya sangat banyak. Jadi, Anda bisa memilih salah satu dari daftar layanan penyedia web proxy tersebut. Contohnya, Anda memilih web proxy di daftar nomor dua, yaitu ProxySite.com.

3. Masukkan Halaman Situs yang diblokir

Apabila sudah bisa mengakses web proxy, Anda kemudian akan ke web proxy yang Anda pilih sebelumnya. Jika sebelumnya Anda memilih ProxySite, maka Anda akan langsung diarahkan ke situs ProxySite.

Situs yang diblokir

Setelah itu, masukkan halaman situs yang tidak bisa Anda buka di kolom bertuliskan ‘Enter URL‘ dilanjutkan dengan klik pada tombol Go/ Mulai. Maka, Anda akan langsung diarahkan ke situs yang sebelumnya tidak bisa dibuka tersebut.

Cara Membuka Situs yang Diblokir Dengan Aplikasi VPN

Selain cara membuka situs yang diblokir di Google Chrome tanpa aplikasi, cara lainnya bisa dilakukan dengan menggunakan aplikasi. Aplikasi yang digunakan adalah aplikasi VPN. Anda bisa mengunduhnya secara gratis di Playstore. Salah satunya adalah aplikasi TunnelBear VPN.

1. Instal Aplikasi TunnelBear VPN

Sebelumnya Anda harus mengunduh dan menginstal aplikasi TunnelBear VPN terlebih dahulu. Jika proses download dan instalasi selesai. Buka aplikasinya dan Anda akan dialihkan ke tampilan awal aplikasi.

2. Buat Akun TunnelBear VPN

Jika sudah, Anda harus membuat akun dulu. Masukkan alamat email serta password untuk login nantinya. Klik pada opsi ‘Create Account‘. Jika sudah, ikuti instruksi verifikasi email yang diberikan.

3. Aktifkan TunnelBear

Setelah mengikuti langkah verifikasi dan Anda sudah mendapat notifikasi kalau akun sudah terverifikasi, maka Anda sudah bisa menggunakannya. Setelah masuk ke halaman utama aplikasi, geser tombol di bagian atas untuk mengaktifkannya.

Jika ada notifikasi, tekan OK. Berikutnya tombol tersebut akan berubah menjadi biru jika sudah terkoneksi. Anda bisa langsung membuka situs yang sebelumnya diblokir.

Itulah tadi beberapa cara membuka situs yang diblokir di Google Chrome melalui pc maupun hp. Cara di atas juga bervariasi, baik menggunakan aplikasi ataupun tanpa aplikasi. Jadi, Anda bisa memilih salah satu cara yang paling nyaman menurut Anda.

Cara Mengatasi Pipa Paralon Tersumbat Secara Cepat dan Praktis

Pipa paralon yang tersumbat mengganggu aktivitas, oleh karena itu perlu diatasi secara cepat. Ada beberapa langkah yang dapat dilakukan untuk mengatasi penyumbatan pipa paralon,...
tutor
1 min read