Cara Memperkecil Ukuran File PDF Menjadi 300 Kb Secara Online maupun Offline

Besarnya ukuran dari sebuah file PDF merupakan salah satu kendala saat hendak mengirim file tersebut ke orang lain atau untuk keperluan pendaftaran CPNS misalnya. Ukuran file pdf kadang-kadang terlalu besar hingga tidak bisa untuk dikirimkan.

Cara Memperkecil Ukuran File PDF Menjadi 300 Kb

Oleh sebab itu, tidak sedikit orang yang ingin mencari cara memperkecil ukuran file PDF menjadi 300 Kb agar bisa ditransfer secara cepat.

Cara Memperkecil Ukuran File PDF Menjadi 300 Kb Online

Dengan perkembangan teknologi yang semakin maju, hampir semua kegiatan bisa dilakukan secara online termasuk untuk cara memperkecil ukuran file PDF menjadi 300 Kb, tentunya bisa dilakukan secara online.

Banyak sekali yang bisa Anda lakukan untuk memperkecil file PDF ini, baik itu melalui website-website yang menyediakan atau dengan menggunakan aplikasi yang diunduh secara gratis melalui websitenya.

Untuk melakukan kompres PDF secara online, Anda tidak perlu menginstall sebuah software terlebih dahulu. Langsung saja menuju website tempat yang umum digunakan oleh orang-orang untuk memperkecil file PDF.

Berikut cara memperkecil ukuran file PDF menjadi 300 Kb online.

Memperkecil ukuran file PDF dengan ilovepdf.com :

Memperkecil ukuran file PDF dengan ilovepdf.com
  1. Kunjungi website ilovepdf.com.
  2. Pilih menu Kompres PDF.
  3. Untuk memulai prosesnya, klik pada Pilih File PDF.
  4. Kemudian, cari di mana Anda meletakkan file yang akan dikompres tersebut. Lalu klik Open.
  5. Gunakan fitur penyaranan yang terkecil untuk hasil kompresan file PDF tersebut. Lalu klik Kompres PDF.
  6. Tunggu beberapa saat hingga proses memperkecil file tersebut selesai untuk dilakukan.
  7. Seteleh selesai prosesnya, Anda cukup klik Unduh PDF Dikompres.

Memperkecil ukuran file PDF dengan menggunakan pdf2go.com :

  1. Masuk ke dalam website pdf2go.com.
Memperkecil ukuran file PDF dengan menggunakan pdf2go.com
  1. Di bagian atas halaman, pilih menu Kompres PDF.
  2. Selanjutnya klik Pilih File.
  3. Cari file yang hendak Anda lakukan pengecilan file dan klik Open.
  4. Tunggu hingga proses upload selesai.
  5. Tentukan kualitas yang Anda inginkan lalu klik Mulai.
  6. Tunggu hingga beberapa saat hingga proses memperkecil file selesai dilakukan.
  7. Setelah selesai prosesnya, terkadang file akan terdownload secara otomatis. Apabila tidak terunduh, klik Download.

Cara Memperkecil Ukuran File PDF Menjadi 300 Kb Offline

Apabila koneksi internet yang Anda gunakan sering bermasalah, tentunya akan sangat menyusahkan sekali ketika sedang melakukan kompres PDF secara online. Untuk mengatasi masalah tersebut, Anda yang sering melakukan kompres file PDF juga dapat dilakukan secara offline tanpa adanya jaringan internet sama sekali.

Akan tetapi, cara memperkecil ukuran file PDF menjadi 300 Kb secara offline harus membutuhkan satu atau beberapa aplikasi yang bisa Anda gunakan untuk melakukan hal tersebut.

Berikut beberapa perangkat lunak yang sering digunakan orang untuk melakukan proses kompres file PDF beserta cara penggunaannya.

1. Microsoft Word

MS Word merupakan sebuah software yang umumnya ada pada perangkat PC. Dengan menggunakan software ini, tentunya bisa digunakan sebagai cara memperkecil ukuran file PDF menjadi 300 Kb secara offline tanpa harus memasang software tambahan.

Namun sayangnya cara ini untuk anda yang masih punya file dengan versi dokumen dengan ekstensi .doc atau .docx saja. Berikut cara selengkapnya :

  1. Setelah Anda membuat dokumen yang berasal dari MS Word, klik Save As.
  2. Selanjutnya pilih pilihan PDF pada bagian Save As Type.
  3. Pilih Minimum Size.
  4. Masuki menu Option dan pastikan pada bagian ISO serta Bitmap ‘tidak ditandai’.
  5. Klik Save.

2. Adobe Acrobat DC

Dengan menggunakan Adobe Acrobat DC yang saat ini tengah populer, tentunya berbagai macam kegiatan dalam memperkecil file PDF bisa dilakukan dengan mudah.

Anda harus mengunduh dan memasangnya terlebih dahulu untuk dapat digunakan. Berikut cara menggunakan software ini.

Cara Memperkecil Ukuran File PDF dengan adobe acrobat dc
  1. Buka software Adobe Acrobat DC di komputer Anda.
  2. Masuk pada menu Tool dan pilih Optimize PDF.
  3. Pilih file PDF yang akan diperkecil ukurannya.
  4. Atur Compatibility lalu klik OK.
  5. Rename file tersebut lalu Save.

Sayangnya untuk fitur ini hanya tersedia pada versi berbayar saja, karena versi free hanya bisa digunakan sebagai viewer.

Cara Memperkecil Ukuran File PDF Menjadi 300 Kb di Android

Kedua cara di atas kebanyak orang gunakan saat mereka banyak melakukan kegiatannya di komputer. Apabila Anda sering melakukan pekerjaan mengirim file tersebut melalui Android, tentu saja bisa juga dilakukan dengan mudah.

Untuk cara memperkecil ukuran file PDF menjadi 300 Kb di Android, Anda harus memasang terlebih dahulu beberapa aplikasi yang sangat mudah untuk digunakan dalam melakukannya. Berikut beberapa aplikasi yang paling direkomendasikan untuk dapat Anda gunakan dalam memperkecil file PDF tanpa ribet.

  1. iLovePDF

iLovePDF adalah sebuah aplikasi yang paling banyak digemari di kalangan para mahasiswa yang tidak ingin ribet. Sebab, semua fitur tersedia dengan lengkap untuk mendukung Anda dalam melakukan proses memperkecil file tersebut.

Cara Memperkecil Ukuran File PDF Menjadi 300 Kb di Android

Terlebih lagi, aplikasi in juga bisa Anda gunakan untuk mengedit file PDF apabila diperlukan. Selain itu, terdapat juga fitur Sign PDF yang bisa Anda gunakan untuk membubuhi file tersebut dengan tanda tangan.

  1. PDF Compressor

Salah satu aplikasi yang banyak orang gunakan untuk membantu mereka memperkecil file PDF adalah PDF Compressor. Kemudahan dalam penggunaannya cukup membuat para penggunanya terbantu dalam melakukan aktivitas tersebut.

Cara Memperkecil Ukuran File PDF di android

Terutama saat hendak mengimpor file, para pengguna dapat melakukannya dari berbagai tempat penyimpanan. Selain itu, proses yang sangat cepat adalah salah satu kelebihannya.

Itulah beberapa cara memperkecil ukuran File PDF menjadi 300 Kb, baik itu di komputer maupun Android. Banyak sekali  cara yang bisa Anda gunakan sesuai dengan kebutuhan dan kemudahannya, secara online maupun offline. Tentunya cara-cara tersebut sangat mudah untuk Anda aplikasikan dalam pekerjaan.