Cara Memperkuat Sinyal WiFi di Laptop dengan Perintah maupun Aplikasi

Saat ini banyak pengguna wifi yang mencari cara memperkuat sinyal WiFi di laptop maupun perangkat lain, ini dikarenakan penggunaan WiFi tersebut sering mengalami kendala berupa lemotnya jaringan internetnya.

Apalagi saat ini teknologi yang semakin berkembang, menjadikan internet sebagai kebutuhan pokok yang harus selalu tersedia setiap saat. Untuk memenuhi banyaknya kebutuhan yang berkaitan dengan penggunaan internet, tidak sedikit orang yang memasang WiFi sebagai salah satu fasilitas terutama pada sebuah usaha.

Cara Memperkuat Sinyal WiFi di Laptop

Cara Memperkuat Sinyal WiFi di Laptop

Sebagai salah satu perangkat kerja, laptop merupakan sebuah alat yang tengah banyak orang koneksikan pada jaringan WiFi. Dalam mengatasi permasalahan yang diakibatkan lemotnya jaringan internet di laptop, tentunya bisa dilakukan dengan berbagai macam cara.

Terutama bagi para pengguna Windows 10, caranya terbilang cukup mudah untuk dilakukan oleh siapa saja. Berikut cara-caranya:

1. Network Reset serta Flushing DNS

Apabila jaringan WiFi Anda sangat lemot, coba lakukan reset cache pada DNS Client. Untuk melakukan hal ini, tentunya Anda bisa membuat beberapa perubahan dari nama server, DNS dengan data baru, hingga domainnya.

Network Reset serta Flushing DNS laptop

Untuk melakukannya ikuti tutorial berikut :

  1. Masuk ke aplikasi Command Prompt, caranya pada ikon search windows ketik CMD
  2. Selanjutnya Anda harus mengetikkan perintah ipconfig/flushdns dan tekan Enter.
  3. Setelah memasukkan perintah tersebut, lanjutkan dengan perintah ipconfig/renew dan tekan Enter.
  4. Kemudian tutup Command Prompt dan hasilnya bisa Anda rasakan dengan koneksi sedikit lebih lancar.

2. Batasan Bandwidth

Cara memperkuat sinyal Wi-Fi di laptop Window 10 juga bisa dilakukan dengan mengatur bandwidth yang digunakan oleh perangkat tersebut. Dengan menambah bandwidth di laptop tersebut, tentunya koneksi akan semakin lancar.

Cara mengatur batasan bandwidth sangat mudah untuk dilakukan. :

  1. Buka menu Computer Configuration melalui Run
  2. Isikan kolom dengan gpedit.msc.
  3. Selanjutnya masuk ke menu Administratve Templates dan pilih bagian Network
  4. Klik pada bagian Qos Packet dan atur bandwidth pada bagian Limit Reservable Bandwidth.
  5. Ubah batasannya dengan klik Enable dan Apply.

3. Mematikan Autotuning

Salah satu fitur yang bisa Anda temukan di Windows 10 adalah Autotuning. Fungsi dari fitur ini adalah menaikkan performa program yang ada di TCP yang menyebabkan melakukan pembaruan otomatis terhadap beberapa program saat laptop terhubung secara langsung dengan jaringan internet.

Hal tersebut merupakan salah satu faktor yang menyebabkan jaringan WiFi di laptop Anda sering terjadi masalah apabila hendak berselancar di dunia maya.

Oleh sebab itu, sangat disarankan untuk mematikan autotuning yang berjalan secara otomatis sebagai cara mempercepat koneksi Wi-Fi di laptop Windows 10.

Hanya melalui Command Prompt dan masukkan perintah netsh interface tcp show global lalu tekan Enter. Apabila fitur tersebut aktif, maka untuk mematikannya cukup ketikkan perintah nets int tcp set global autotuninglevel=disable.

Aplikasi Penguat Sinyal WiFi Laptop

Selain menggunakan cara-cara di atas, banyak orang juga telah mengatasi permasalahan tersebut dengan menggunakan sebuah aplikasi. Banyak aplikasi yang bisa Anda gunakan sebagai cara memperkuat sinyal WiFi di laptop.

Berikut beberapa di antaranya yang telah orang gunakan untuk memperkuat jaringan internet mereka:

  1. WeFi

WeFi adalah sebuah aplikasi PC yang banyak orang gunakan untuk mendeteksi jaringan atau koneksi internet, termasuk WiFi. Selain sebagai pendeteksi sebuah jaringan, aplikasi ini juga mampu memperkuat koneksi tersebut.

Memiliki interface yang cukup sederhana, membuat aplikasi banyak diminati oleh banyak orang.

  1. Netstumbler

Apabila sinyal WiFi di tempat Anda sangat lemah, coba pasang Netstumbler di laptop. Selain memberikan kepuasan dalam memperkuat jaringan Wi-Fi, aplikasi ini juga memiliki fitur-fitur yang dapat membantu Anda dalam berbagai macam keperluan mengenai jaringan WiFi.

  1. NetSpot

Salah satu cara mempercepat WiFi di laptop adalah menggunakan aplikasi NetSpot. Fungsi dari aplikasi ini adalah untuk menemukan dan memeriksa sebuah area yang telah memiliki jaringan WiFi.

Dengan tampilan yang begitu menarik, menjadi salah satu kelebihan dari dari aplikasi ini. Selain itu, juga terdapat beberapa fitur menarik seperti map, visualisasi, peningkatan jaringan, dan lain sebagainya.

  1. Speedify

Speedify adalah salah satu aplikasi yang bisa Anda gunakan untuk menjalankan bermacam-macam kegiatan dalam berselancar di dunia maya layaknya menggunakan VPN.

Dengan menggabungkan berbagai macam koneksi, seperti Wi-Fi, DSL, Ethernet, hotspot, dan juga jaringan 3G/4G membuat koneksi akan semakin cepat saat digunakan.

  1. Wireless Wizard

Salah satu aplikasi yang banyak orang gunakan untuk meningkatkan koneksi Wi-Fi adalah Wireless Wizard. Dengan interface yang sangat sederhana, membuat para user akan semakin mudah dalam penggunaannya. Selain itu, aplikasi ini juga telah dilengkapi dengan fitur Repair IP.

Itulah beberapa cara memperkuat sinyal WiFi di laptop yang bisa dilakukan dengan mudah dan cepat. Selain menggunakan cara di atas, tentu saja Anda bisa menggunakan cara alternatif yaitu menggunakan sebuah aplikasi penguat WiFi agar semua kegiatan berinternet tidak mengalami kendala.

Pengertian Latitude Longitude Untuk Mencari Lokasi

Secara singkat, Latitude Longitude adalah berguna sistem koordinat di permukaan bumi mirip dengan diagram venn dengan sumbu x dan y. Istilah Inggris untuk garis...
tutor
2 min read