Cara Mencangkok Pohon Mangga dengan Metode Generatif

2 min read

Ada dua cara perkembangbiakan tanaman yang bisa  dilakukan, yaitu secara generatif dengan menggunakan biji dan secara generatif dengan cangkok salah satunya. Nah kali ini akan dipelajari bagaimana cara mencangkok pohon mangga.

Kelebihan cara ini adalah pohon bisa berbuah lebih cepat. Sifat pohon, bahan kualitas dan kuantitas hasilnya pun bisa sama dengan pohon induknya.

Cara Mencangkok Pohon Mangga

Cara Mencangkok Pohon Mangga

Pilih Tanaman Indukan

Langkah awal cara mencangkok pohon mangga adalah pilih tanaman untuk indukan. Apapun jenis mangga yang akan dicangkok, pilih tanaman indukan berkualitas terbaik karena akan sangat menentukan bibit yang dihasilkan nantinya.

Kriteria memilih tanaman indukan berkualitas terbaik ada banyak. Seperti misalnya, harus merupakan tanaman yang produktif, kondisi tanaman harus sehat tanpa hama atau penyakit-penyakit, tanamannya tidak terlalu tua ataupun muda dan berbagai kriteria lainnya.

Siapkan Bahan dan Alat yang Dibutuhkan

Setelah menemukan tanaman indukan yang berkualitas, langkah berikutnya, siapkan bahan dan alat yang dibutuhkan. Ada cutter atau pisau tajam, plastik transparan, media tanam (pupuk kandang dan tanah halus), tali plastik, ZPT. Jika sudah, media yang sebelumnya disiapkan harus dicampur lalu disiram dengan air sampai lembab.

Bagaimana Cara Mencangkok Pohon Mangga 

Setelah semua bahan dan alat disiapkan, tahapan cara mencangkok pohon mangga selanjutnya adalah memulai proses Pencangkokan. Berikut langkah-langkahnya.

  1. Pilih batang terbaik dari pohon indukan. Batang yang terbaik, tidak terlalu muda dan tidak terlalu tua. Untuk ukuran yang ideal adalah 120cm. Hal ini berbeda dengan cara menyetek pohon mangga, dimana yang dibutuhkan bukan bagian batang, melainkan bagian dahan atau ranting dengan kualitas terbaik pula.
  2. Kerat batang yang sudah dipilih tadi dengan menggunakan cutter atau pisau yang tajam. Panjangnya luka keratan berukuran kurang lebih 10cm.
  3. Bersihkan kambium pada batang yang sudah dikerat tadi. Cara membersihkannya adalah dengan mengeriknya hingga kandungan kambium benar-benar bersih.
  4. Jika ada getah yang masih menempel, biarkan hingga benar-benar mengering. Umumnya dibutuhkan waktu mulai dari 2-3 minggu getah benar-benar mengering.
  5. Berikan ZPT. ZPT ini adalah zat perangsang tumbuh. Selain ZPT Anda juga harus memberikan pupuk pada bagian batang yang sebelumnya sudah dikerat. Pemberian ZPT dan pupuk ini akan membantu proses cangkok semakin cepat.
  6. Ambil media tanah yang sudah dibuat sebelumnya. Buat menjadi bentuk kepalan lalu balutkan pada bagian batang yang sudah dikerat sebelumnya. Pastikan semua bagian tertutup media tanah.
  7. Bungkus sayatan yang sudah ditempeli media tadi dengan plastik bening atau media pembungkus lain seperti sabut kelapa. Ikat dengan tali plastik sampai benar-benar kencang. Setelah jadi, jangan lupa menyiraminya secara rutin.
  8. Setelah kurang lebih 3-4 bulan, cangkokan ini akan mulai mengeluarkan akar. Anda bisa memindahkannya ke media tanam baru. Sebelum memindahkan hasil cangkokan, bersihkan daun dan ranting yang tumbuh di sekitarnya. Saat membuka bungkusnya juga lakukan dengan hati-hati.
  9. Langkah terakhir dari cara mencangkok pohon mangga adalah pindahkan ke media tanam baru. Anda bisa menggunakan polybag dulu hingga tanaman baru ini menumbuhkan daun dan ranting. Jangan lupa tetap disiram secara teratur.
  10. Apabila ranting dan daunnya sudah tumbuh, Anda bisa memindahkannya lagi ke tanah. Setelah ditanam di tanah, Anda harus tetap memperhatikan pertumbuhannya. Jangan lupa menyiram secara teratur serta memberi pupuk juga secara teratur.

Mencangkok ini menjadi cara pertumbuhan generatif yang lebih sering dipilih dibandingkan metode generatif lainnya, seperti cara okulasi mangga misalnya. Ini karena tanaman hasil cangkokan memiliki kualitas yang sama dengan induknya.

Baik dari segi sifat maupun hasil panen dan kualitasnya. Maka, jika tanaman induk berkualitas baik, maka hasilnya pun dipastikan sama dengan tanaman indukannya. Selain itu, tingkat keberhasilan metode cangkok juga lebih besar dibandingkan metode generatif lainnya.

Nah, demikian tadi penjelasan lengkap tentang bagaimana cara mencangkok pohon mangga. Dari penjelasan tersebut semoga bisa membantu untuk Anda yang mengembangbiakkan tanaman mangga secara generatif, terutama dengan metode cangkok.

Dengan mempertimbangkan hasil panen dan tingkat keberhasilannya, cara ini menjadi pilihan paling tepat untuk membudidayakan pohon mangga.