Cara Mengatasi Baterai laptop plugged in charging tapi tidak mengisi

Sekarang penggunaan laptop sudah sangat umum baik untuk pekerja kantoran digunakan untuk bekerja ataupun pelajar dan mahasiswa digunakan untuk menunjang proses belajar. Tapi masalah terkadang laptop memiliki beberapa masalah yang harus segera diatasi, masalah umum yang terjadi adalah baterai laptop plugged in charging tapi tidak mengisi.

Lalu bagaimana cara mengatasi masalah baterai laptop tidak mengisi saat dicas?

Baterai Laptop Asus Plugged In Charging Tapi Tidak Mengisi

Yuk simak beberapa solusi atau saran dari kami dibawah ini untuk bisa memahami cara memperbaiki baterai laptop dengan benar, terutama disini kita akan membahas untuk Laptop Acer.

Baca juga : Cara Meredupkan Layar Komputer Windows 10

Solusi Baterai Laptop Asus Plugged In Charging Tapi Tidak Mengisi

Dikutip dari situs resmi Asus.com pada bagian support untuk masalah baterai laptop plugged in charging tapi tidak mengisi, kamu bisa mencoba beberapa solusi berikut :

1. Periksa Sambungan dan Tampilan Baterai

Pertama kamu harus memastikan adaptor yang kamu gunakan adalah adaptor Asus original, sehingga masalah tentang kompatibilitas tidak akan terjadi. Kamu juga harus menggunakan adaptor laptop sesuai dengan seri laptop yang kamu gunakan, jangan asal menggunakan adaptor model acer lain untuk digunakan di laptop yang kamu gunakan.

Kamu juga harus mengecek apakah konektor adaptor AC kendor, coba kencangkan atau kamu coba sambungkan ke stop kontak lainnya. Periksa juga apakah ada kabel maupun adaptor yang rusak. Jika baterai laptop dapat dilepas coba lepas dan pasang lagi.

Ada kemungkinan baterai laptop kosong karena tidak digunakan terlalu lama, jadi kamu bisa coba isi daya selama semalaman.

2. Lakukan EC Reset

Jika setelah mencoba mengatasi masalah baterai laptop tidak mengisi saat dicas di atas belum teratasi, mungkin kamu perlu melakukan EC reset, caranya adalah sebagai berikut :

  • Lepas semua komponen eksternal yang terpasang di laptop
  • Matikan laptop
  • Lepas adaptor
  • Lepas baterai, jika laptopmu model baterai yang dapat dilepas
  • Tekan dan tahan tombol daya selama kurang lebih 40 detik untuk melakukan proses EC Reset
  • Jika sudah silahkan pasang semua komponen yang telah dilepas tadi dan hidupkan laptop secara normal

3. Mengupdate BIOS

Jika dengan solusi diatas masih belum juga teratasi, kamu bisa melanjutkan ke cara ketiga yaitu dengan cara mengupdate atau memperbarui software. Silahkan lakukan update bios sesuai dengan model dan seri laptop asus yang kamu gunakan.

Solusi Baterai laptop plugged in charging tapi tidak mengisi Windows 10

Untuk kamu pengguna windows 10 dengan merk laptop asus kamu juga bisa mengatasi masalah baterai satu ini dengan beberapa metode berikut :

1. Gunakan Aplikasi MyAsus Untuk Menjalankan Battery Diagnosis

Kamu pertama harus memiliki aplikasi atau software MyAsus terlebih dahulu, jika belum memilikinya silahkan download dan install aplikasi My Asus di Laptop.

Aplikasi MyAsus Untuk Menjalankan Battery Diagnosis
  • Jika sudah buka aplikasi My Asus dan pilih System Diagnosis, kemudian kamu pilih lagi Battery Problems.
  • Sebelum kamu mengklik CheckUp pastikan adaptor AC telah terpasang ke laptop
  • Jika terdapat kesalahan terjadi pada laptop asus yang kamu gunakan secara otomatis MyAsus akan mendeteksi kesalahan dan memintamu melakukan perbaikan atas masalah baterai yang terjadi.

2. Install Ulang Driver Baterai

Untuk cara lain yang bisa kamu lakukan mengatasi masalah ini, kamu bisa melakukan install ulang Driver baterai atau adaptor AC melalui tools di Windows 10 bernama Device Manager. Untuk step by step proses install ulang driver baterai caranya adalah sebagai berikut :

Install Ulang Driver Baterai
  • Pertama kamu ketikan di kolom pencarian Device Manager, setelah itu kamu klik untuk membuka Device Manager
  • Langkah selanjutnya kamu melakukan uninstall baterai dengan cara masuk ke bagian batteries dan kamu pilih Microsoft ACPI-Compliant Control Method Battery dengan cara klik kanan maka akan muncul beberapa pilihan, kamu lanjutkan dengan memilih Uninstall device.
  • Untuk konfirmasi proses uninstall, kamu klik tombol Uninstall.
  • Masuk lagi ke menu baterai di Device Manager, sekarang klik kanan pada Microsoft AC Adapter dan lakukan hal yang sama dengan cara diatas untuk menguninstall device.
  • Jika keduanya sudah teruninstall, langkah terakhir adalah dengan merestart laptop, ketika laptop kembali menyala secara otomatis kedua Driver tersebut akan terinstal ulang.

Itulah beberapa solusi yang bisa kamu coba untuk mengatasi baterai laptop plugged in charging tapi tidak mengisi terutama untuk laptop merk Asus dan pengguna Windows 10.