Cara Mengatasi Pipa Paralon Tersumbat Secara Cepat dan Praktis

1 min read

Pipa paralon yang tersumbat mengganggu aktivitas, oleh karena itu perlu diatasi secara cepat. Ada beberapa langkah yang dapat dilakukan untuk mengatasi penyumbatan pipa paralon, misalnya dengan menggunakan air panas dan garam, cuka dan baking soda, pembersih atau sabun cuci piring, serta bisa juga dengan soda api.

Berikut cara mengatasi pipa paralon tersumbat menggunakan soda api.

Cara Mengatasi Pipa Paralon Tersumbat dengan Soda Api

Cara Mengatasi Pipa Paralon Tersumbat dengan Soda Api

Sifat-Sifat Soda Api

Soda api sebenarnya merupakan senyawa zat kimia yang disebut juga Natrium hidroksida (NaOH). Ada juga yang menyebutnya dengan soda kaustik. Nama kaustik ini diberikan bukan tanpa alasan, karena soda api ternyata bisa menyebabkan kerusakan pada benda lain jika tidak berhati-hati dalam penggunaannya.

Soda api dapat mengalami reaksi kimia apabila berkontak dengan bahan organik serupa rambut, makanan, kotoran, dan sebagainya. Itulah mengapa soda api bisa mengatasi penyumbatan secara cepat, karena akan langsung menghancurkan penyebab penyumbatan.

Soda api juga bersifat korosif yang dapat meleburkan penyebab saluran tersumbat.

Cara Menggunakan Soda Api Untuk Pipa yang Tersumbat

Cara mengatasi pipa paralon tersumbat salah satunya bisa dilakukan dengan menggunakan soda api. Bahan satu ini bisa didapatkan secara mudah pada toko-toko yang menjual peralatan rumah tangga / toko bangunan.

Soda api bisa bekerja secara cepat mengatasi penyumbatan pada pipa paralon dengan beberapa langkah berikut.

  1. Pilihlah soda api yang kemasannya berupa cair atau bubuk.
  2. Sediakan ember berukuran besar sebagai tempat mencampurkan soda api.
  3. Tambahkan air pada ember kira-kira sebanyak 3 liter. Gunakan air dingin.
  4. Larutkan soda api pada air sebanyak 750 ml, kurang lebih sekitar 3 gelas.
  5. Biarkan soda api bereaksi dan tunggu beberapa saat.
  6. Hindarkan tangan dan bahan-bahan lain ketika soda api sedang bereaksi, karena bisa menyebabkan luka.
  7. Selama proses reaksi, soda api akan mengeluarkan semacam desisan. Tunggu hingga desisan tersebut memudar dan hilang.
  8. Cara mengatasi pipa paralon tersumbat dengan soda api selanjutnya adalah tuangkan campuran larutan tersebut pada saluran yang tersumbat.
  9. Hati-hati ketika menuangkan, dan usahakan jangan sampai mengenai anggota tubuh atau bahan-bahan lain karena soda api bersifat korosif.
  10. Tunggu hingga kurang lebih 30 menit.
  11. Siapkan air mendidih sebanyak 4 liter.
  12. Siramkan air tersebut ke dalam saluran untuk membersihkan sisa penyumbat yang telah dihancurkan soda api.
  13. Jika masih ada sumbatan, lakukan langkah-langkah serupa beberapa kali hingga saluran bersih.

Efek Penggunaan Soda Api

Soda api bisa mengatasi penyumbatan pada pipa paralon secara cepat dan praktif. Tetapi ada beberapa efek dari penggunaan soda api ini yang mengharuskan Anda harus ekstra hati-hati dalam memakainya.

Soda api tergolong zat kimia yang memiliki sifat korosif, jadi harus dijauhkan dari indera terutama penglihatan agar tidak menimbulkan masalah.

Efek soda api pada pipa paralon juga beresiko menimbulkan gangguan pada kulit. Anda harus berhati-hati ketika sedang mengaduk atau menuangkan soda api pada saluran, gunakan sarung tangan atau pelindung lain agar tidak sampai berkontak dengan kulit. Dampaknya bisa menyebabkan kulit terbakar bahkan hingga terkelupas.

Itulah cara mengatasi pipa paralon tersumbat dengan menggunakan soda api. Bahan satu ini bisa mengatasi saluran mampet secara cepat dan praktis, setidaknya dengan lama reaksi sekitar 30 menit.

Namun Anda perlu berhati-hati dalam menggunakan soda api, karena bahan satu ini mempunyai sifat korosif yang berpotensi menimbulkan cidera jika tidak digunakan dengan benar.