Cara Mengetahui Umur Kucing dengan Melihat Ciri Fisik

2 min read

Anda memiliki kucing peliharaan di rumah? Ternyata Anda bisa mengetahui umur mereka hanya dengan melihat tanda fisik pada tubuhnya.

Cara mengetahui umur kucing akan membantu Anda merawat dan membesarkan mereka sesuai usianya, sehingga kebutuhan gizi yang mereka perlukan benar-benar terpenuhi.

Cara Mengetahui Umur Kucing Persia

Kucing persia merupakan jenis kucing yang cukup populer untuk dipelihara, sebab memiliki bulu yang tebal dan cantik untuk dilihat. Namun tentu saja perawatannya juga tidak mudah, Anda bisa mengetahui umur kucing peliharaan Anda dengan melihat bagian fisik berikut ini:

Cara Mengetahui Umur Kucing

Ketebalan Bulu Kucing

Karena memiliki bulu yang tebal, cara mudah menebak usia kucing persia adalah dengan melihat ketebalan serta tekstur bulu tersebut. Bulu yang panjang ataupun pendek ternyata memberikan arti yang cukup besar terhadap umur kucing.

Jika bulu kucing tipis, kemungkinan ia merupakan kucing yang tua. Berbeda dengan kucing dengan bulu yang tebal, ia kemungkinan masih mudah. Periksa jika bulu mereka rontok secara tidak wajar, segera bawa ke dokter untuk pertolongan lebih lanjut.

Tekstur Bulu Kucing

Cara mengetahui umur kucing juga bisa dilihat dari teksturnya, jika kucing masih muda, bulunya tidak hanya tebal, namun juga halus dan lebat. Sehingga mudah tumbuh jika memang rontok.

Sedangkan untuk kucing yang usianya lebih tua, tekstur bulu cenderung kasar dan jarang-jarang. Usianya yang tua juga membuat beberapa bagian bulu do tubuh kucing berwarna abu-abu, baik gelap maupun terang.

Mood Kucing

Kucing dengan usia yang lebih tua, kemungkinan memiliki pendengaran dan penglihatan yang kian memudar. Untuk itu, mood kucing juga bisa berubah, tergantung dari suasana hati yang mereka miliki. Kucing yang lebih tua juga cenderung agresif jika di dekati bukan oleh pemiliknya.

Berbeda dengan kucing yang lebih muda, ia lebih banyak bergerak namun tidak terlalu agresif. Namun ini tidak bisa dijadikan generalisir pada semua kucing, sebab kadang kucing yang tua bisa saja gugup dan mudah takut.

Cara Mengetahui Umur Kucing dari Gigi

Cara mengetahui umur kucing selanjutnya adalah dengan melihat gigi yang mereka miliki. Anda bisa memeriksa keadaan gigi kucing untuk melihat berapa usia yang mereka miliki sebenarnya.

Usia merupakan faktor utama terkait jumlah gigi yang ada di dalamnya, makin tua kucing maka makin banyak gigi yang ia miliki. Anda bisa memeriksa giginya ketika ia merasa nyaman, sehingga ia tidak mudah kabur karena takut dengan keberadaan Anda.

Beberapa tanda terkait gigi kucing untuk mengetahui umurnya adalah sebagai berikut:

  1. Gigi seri akan tumbuh di minggu kedua sampai keempat sejak kelahiran, kemudian bertambah dengan gigi taring di usia empat minggu dan gigi geraham di akhir usia enam minggu.
  2. Sejak usia enam bulan sampai satu tahun, gigi dewasa mulai tumbuh secara menyeluruh. Warna putih bersih dan tidak terlihat kusam dan usang.
  3. Cara mengetahui umur kucing bisa dilihat dari warna gigi, makin tua umur kucing maka giginya makin berwarna kuning. Proses pewarnaan alami in dimulai sejak ia berumur dua tahun.
  4. Semakin tua umur kucing yang Anda miliki, maka karang yang terdapat di dalam giginya juga semakin besar.

Umur Kucing Bisa Hamil

Terdapat enam masa pertumbuhan kucing, yakni di usia anakan, muda, masa terbaik, dewasa, senior, dan getriatrik. Untuk masa kemungkinan kucing mengalami kehamilan adalah usia muda, ketika ia berumur 6 bulan sampai dua tahun. Pada tahap ini, kucing sudah memiliki perkembangan seksual yang maksimal.

Masa ini juga masa birahi, dimana hal tersebut merupakan tanda bahwa ia memang siap untuk melakukan perkawinan. Sehingga ini merupakan masa yang tepat untuk Anda yang ingin melakukan disterilisasi untuk mencegah kehamilan pada kucing kesayangan Anda.

Demikianlah langkah mudah untuk cara mengetahui umur kucing yang sederhana dengan melihat bentuk fisiknya. Jangan lupa untuk sering mengajak kucing bermain, sehingga ia lebih mudah bergaul dengan lingkungan yang ada di sekitarnya, berikut juga dengan orang-orang yang baru.