Cara Menggunakan APAR untuk Mengatasi Kebakaran

2 min read

Kebakaran merupakan jenis bencana yang sering mengintai kapan saja dan dimana saja. Untuk menghindari dampak yang lebih besar, penggunaan alat pemadam api ringan akan sangat bermanfaat. Namun masih banyak orang yang belum mengetahui bagaimana cara menggunakan Apar yang benar. 

Cara Menggunakan APAR yang Benar

Alat Pemadam Api Ringan (APAR) merupakan perangkat yang digunakan untuk memadamkan kebakaran tingkat awal. Fungsi dari alat ini adalah untuk menghentikan elemen penyebab api sebelum sumber api belum membesar.

Cara Menggunakan APAR

Perangkat pemadaman api ringan ini merupakan perangkat standar yang harus ada di beberapa fasilitas umum. Dengan begitu ketika terjadi kebakaran bisa dicegah agar tidak menjadi semakin besar. Namun, tidak banyak orang yang tahu bagaimana cara menggunakan apar yang baik dan benar.

Tak sedikit pula orang yang baru belajar penggunaan alat pemadam api ringan ini yang sering melakukan kecil. Kesalahan-kesalahan tersebut bagi beberapa orang mungkin dianggap benar, padahal sebenarnya keliru. Meskipun sebenarnya, di kemasan apar sudah tersedia tata cara penggunaannya, kesalahan penggunaan apar juga masih sering terjadi.

Apar memiliki bagian-bagian tertentu yang juga memiliki fungsi berbeda-beda. Cara menggunakan apar yang benar mengharuskan Anda mengetahui bagian-bagian dari perangkat alat pemadam api ringan itu terlebih dahulu. Nah, salah satu cara penggunaan apar yang benar adalah dengan cara PASS. Apa itu pass dan bagaimana caranya, akan dijelaskan di bawah ini.

Cara Menggunakan APAR PASS

Cara Menggunakan APAR yang Benar

Salah satu metode cara menggunakan apar adalah dengan metode PASS. Pass sendiri merupakan urutan langkah penggunaan alat pemadam ringan yang berurutan sesuai dengan bagian-bagian pada alat pemadam ini. Berikut adalah urutan langkah-langkahnya.

Pull

Tahap pertama adalah menarik safety pin APAR. Ketika menarik pin APAR ini jangan menekan tuas atas dan bawah secara bersamaan. Hal ini akan membuat kunci pengaman atau safety pin sulit dilepas karena pinnya justru tertekan.

cara menggunakan apar pass pull

Aim

Selanjutnya adalah tahap aim, yaitu mengarahkan hose atau ujung selang ke sumber api. Bagian selang yang dipegang adalah bagian ujungnya. Jangan menekan bagian pangkal atau tengah selang karena akan membuat selang tidak terarah dengan benar.

cara menggunakan apar pass aim

Apabila selang tidak terarah dengan benar, maka media yang ada di dalam tabung pemadam juga tidak akan terarah dengan benar. Hal tersebut bisa menyebabkan pemadaman api tidak akan bisa sempurna.

Squeeze

Langkah selanjutnya cara menggunakan apar yang benar dengan metode pass adalah squeeze, yaitu menekan tuas pemicu. Menekan tuas pemicu pada alat apar ini akan membuat media di dalamnya keluar.

cara menggunakan apar pass squeeze

Bagian apar yang harus ditekan adalah bagian tuas atas. Tekan secara penuh agar semua media yang ada di dalam tabung keluar secara maksimal. Dengan begitu, pemadaman api juga akan berjalan cepat dan api bisa segera padam.

Sweep

Langkah terakhir penggunaan apar dengan metode pass adalah sweep atau menyapukan. Maksudnya, menyapukan media di dalam tabung ke arah sumber api secara merata agar api bisa segera dipadamkan.

cara menggunakan apar pass sweep

Cara memadamkannya dengan menyapukan media dari sisi satu ke sisi lainnya secara merata. Gerakkan menyapu dari sisi kanan ke kiri atau sebaliknya secara perlahan dan merata. Dengan cara ini sumber api bisa segera dipadamkan.

Cara Menggunakan APAR Powder

Alat Pemadam api ringan powder sebenarnya sama saja dengan apar lainnya. Yang membedakan hanyalah isi media yang ada di dalam tabung, yang berisi bubuk ABC. Jenis Apar dengan media ini cocok untuk memadamkan api yang berasal dari kertas, bahan kayu, karet, gas, minyak dan berbagai instalasi listrik.

cara menggunakan apar powder

Pada dasarnya, cara penggunaan apar berjenis apapun dan untuk digunakan dimanapun, baik itu cara penggunaan apar di rumah sakit atau di tempat lain, sama saja. Anda harus memperhatikan tahap-tahap dan bagian apa saja yang harus ditekan untuk membuat media apar keluar. Berikut adalah cara penggunaan apar powder.

Tarik Kunci Pengaman

Langkah pertama, tarik kunci pengaman tabung apar. Safety pin atau kunci pengaman ini berbentuk kunci yang mirip seperti kunci tabung pemadam api. Letaknya berada di dekat handle. Saat akan menggunakan apar ini, pastikan Anda dalam posisi berdiri tidak melawan arah datangnya angin.

Arahkan ke Sumber Api

Selanjutnya, pegang nozzle yang ada di ujung selang dengan kuat. Jika sudah, arahkan ke arah sumber api atau area yang terbakar. Pastikan ketika mengarahkan nozzle Anda berada pada jarak kurang lebih 3 meter dari sumber api.

Tekan Lever untuk Memadamkan Api 

Langkah selanjutnya dari cara menggunakan apar berisi powder yang benar adalah tekan lever atau tuas pemicu apar. Pegang bagian gagang apar dengan kuat, kemudian tekan bagian levernya untuk mulai memadamkan api.

Cek dulu APAR sebelum mulai Anda gunakan karena ada beberapa yang mungkin sudah tidak berfungsi. Jika sudah berfungsi, tekan tuas pemicu untuk mengeluarkan media pemadamnya.

Semprotkan APAR ke Arah Sumber Api

Terakhir, padamkan api dengan apar yang Anda bawa. Ketika Memadamkan api, usahakan untuk mengikuti arah datangnya angin. Dengan begitu, api tidak akan berbalik ke arah Anda atau berbalik menjauhi sumber api.

Alat pemadam api ringan (APAR) merupakan pertolongan paling awal yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi kebakaran. Sayangnya, banyak orang yang belum tahu bagaimana cara menggunakan apar dengan benar untuk menghentikan sumber api. Karena itu, penjelasan tentang cara penggunaan APAR di atas bisa menjadi panduan untuk Anda menggunakan APAR yang benar.

Cara Mengatasi Pipa Paralon Tersumbat Secara Cepat dan Praktis

Pipa paralon yang tersumbat mengganggu aktivitas, oleh karena itu perlu diatasi secara cepat. Ada beberapa langkah yang dapat dilakukan untuk mengatasi penyumbatan pipa paralon,...
tutor
1 min read