Cara Menggunakan HT – Panduan Lengkap

2 min read

HT, alat komunikasi yang satu ini memiliki banyak keunggulan, sehingga banyak digunakan di berbagai bidang pekerjaan. Namun untuk menggunakan HT ternyata tidak bisa sembarangan, instansi yang ingin menggunakannya harus memiliki perizinan terlebih dahulu, dan tentunya masing-masing anggota harus mengerti cara menggunakan HT.

Cara Menggunakan HT dengan mudah

Bagi Anda yang menggunakan HT Baofeng,  berikut ini telah terangkum panduan lengkapnya untuk Anda. 

Cara Menggunakan HT

Agar pesan yang Anda transmisikan melalui HT dapat diterima dengan baik oleh penerima, terdapat tata-cara untuk melakukannya dengan benar seperti cara menggunakan HT yang tertulis di bawah ini.

1. Berkomunikasilah Dengan Jelas

Agar suara Anda dapat terdengar dengan jelas, maka jangan terlalu dekat saat berbicara menggunakan HT. Jarak yang baik untuk berkomunikasi  adalah 2,5 cm. Kemudian supaya tidak terjadi miskomunikasi usahakan untuk mengulang perkataan Anda sebanyak dua kali.

2. Cara yang Benar Menggunakan PTT

Agar dapat berkomunikasi dengan lawan bicara, maka Anda perlu menekan tombol push to talk. Sebelum menyampaikan pesan tekan dulu tombol ini selama 2 detik, dan terus tekan saat Anda bicara. Setelah selesai berkomunikasi Anda bisa segera melepasnya.

3. Berkomunikasi Secara Bergantian

Karena notabenenya HT hanya bisa digunakan untuk komunikasi secara berkelompok, maka sebaiknya jangan menyela pembicaraan orang lain, dan lakukan komunikasi secara bergantian. Suapaya rekan yang lain mendapat giliran, maka berkomunikasilah dengan lawan bicara secukupnya dan dahulukan keperluan penting.

4. Gunakan Nama Sandi

Cara menggunakan HT berikut ini merupakan peraturan tidak tertulis yang sudah disepakati secara umum. Saat berkomunikasi menggunakan frekuensi radio hindarilah menggunakan nama asli maupun jabatan,hal ini  demi menjaga keamanan identitas masing-masing. Sebagai gantinya Anda dan rekan Anda bisa menggunakan nama samaran.

Cara Menggunakan HT Baofeng

Cara Menggunakan HT baofeng

1. Hidupkan HT

Langkah pertama yang harus dilakukan sebelum berkomunikasi tentunya adalah dengan menghidupkan HT Anda. Cara menghidupkan ht baofeng bisa Anda lakukan dengan memutar knob dial yang ada di bagian atas HT. Setelah HT berhasil dihidupkan maka layar akan menyala.

2. Mengatur Volume

Cara menggunakan HT berikutnya yaitu mengatur volume. Jika Anda ingin mengatur besar kecilnya suara, maka tekan dulu tombol volume, setelah muncul indikator volume di layar, silahkan putar knob dial untuk menyesuaikannya. Jika Anda ingin kembali, Anda hanya perlu menekan tombol volume lagi.

Cara Setting Frekuensi HT

Sebelum melakukan setting hal pertama yang harus dilakukan adalah menekan tombol U/V untuk mengganti mode VHF,UHF, dan channel memory. Untuk melakukan cara menyamakan frekuensi ht, pastikan Anda sudah berada di mode VFO, lalu tarik knob dial dan putar sampai frekuensi yang Anda inginkan.

Untuk menggunakan step 1MHz, Anda hanya perlu menekan tombol F/A sekali saja. Hasilnya setelah knob diputar frekuensi, akan naik dan turun sebesar 1mHZ. Apabila Anda ingin mengembalikannya ke dial normal maka tekan tombol F/A sekali lagi.

Cara Setting Frekuensi HT Baofeng

1. Langkah pertama hidupkan transceiver terlebih dahulu

2. Selanjutnya tekan tombol menu dan teruskan dengan menekan tombol berangka 7 agar HT dapat masuk ke menu TDR On/Off.

Cara Setting Frekuensi HT Baofeng

3. Matikan fitur dual watch dengan menekan tombol panah bawah. Jika berhasil maka layar akan menunjukkan indikasi OFF. Silahkan tekan tombol menu untuk menyimpan perubahan, lalu keluar dengan menekan tombol exit.

4. Anda bisa menghilangkan transmisi akhir dengan masuk ke menu STE. Caranya yaitu dengan masuk ke menu 35 melalui tombol menu, dan menekan angka 3 dan 5. Untuk mematikan dan menghidupkannya Anda bisa menggunakan tombol panah seperti sebelumnya. Jika ingin menghidupkan VMO, maka tinggal tekan saja tombol V/M yang berwarna jingga.

5. Selanjutnya untuk melakukan setting TX tone Anda masuklah ke menu 13 dengan menekan tombol menu, lalu diikuti oleh angka 1 dan 3. Lalu tekan tombol menu kembali untuk masuk ke dalam frekuensi Tone dan tekan tombol atas bawah. Tone yang harus Anda pilih adalah frekuensi 94.8Hz.

6. Sekarang adalah cara menggunakan HT untuk melakukan setting Repeater OFFSET. Caranya dengan masuk ke menu 26, tekan tombol menu, kemudian tekan tombol 2 dan 6. Ubah nilainya menjadi 2mHZ dengan besaran 02.000.

7. Untuk melakukan setting frekuensi shift Anda bisa masuk ke menu 25 dengan menekan tombol menu terlebih dahulu, lalu tekan angka 2 dan 5. Setelah menyimpannya dan keluar dari menu, maka perhatikan tanda minus pada layar HT.

8. Cara berikutnya yaitu untuk  menyetting kanal memori, masuklah ke menu 27 dengan menekan tombol menu, dan kombinasikan angka 2 dan 7. Untuk memilih normor kanal silahkan pencet tombol menu lagi. Jika kanal yang Anda pilih tidak disertai abjad CH, maka memori tersebut masih kosong dan dapat digunakan. Sedangkan terdapat CH di depan angka, misalnya CH-16 maka Anda harus menghapusnya terlebih dahulu.

9. Pastikan Anda belum beralih dari mode VFO, dan frekuensi yang Anda gunakan adalah RX. Tekan tombol scan untuk memulai proses ini, kemudian akan muncul huruf R di atas layar. Nilai frekuensi Anda pada tahap ini akan turun 2000, misalkan 439.000 menjadi 437.000MHZ. Nilai ini adalah frekuensi TX yang akan disimpan dalam kanal memori.

10. Cara menggunakan HT yang terakhir, masuklah ke menu 27 atau MEM-CH, jika yang tampil di layar sudah sesuai dengan kanal memori, maka tekan tombol menu untuk menyimpan fekuensi TX tersebut. Apabila pada proses penyimpanan speaker radio mengeluarkan indikasi suara “Transmitting Memory”, maka proses penyimpanan frekuensi berhasil, dan Anda bisa keluar dari menu ini dengan menekan tombol exit.

Cara Mengatasi Pipa Paralon Tersumbat Secara Cepat dan Praktis

Pipa paralon yang tersumbat mengganggu aktivitas, oleh karena itu perlu diatasi secara cepat. Ada beberapa langkah yang dapat dilakukan untuk mengatasi penyumbatan pipa paralon,...
tutor
1 min read