Cara Menghilangkan Garis Merah di Word 2010

Ketika kita mengetikan tulisan di Word tiba-tiba ada garis merah di setiap kata yang kita ketik? Apa sebenarnya fungsi garis merah di word ini? Bagaimana cara menghilangkan garis merah di word 2010? Untuk mengetahui jawaban dari pertanyaan tersebut tentang garis merah di word, yuk simak penjelasan kami berikut!

Apa Fungsi Garis Merah di Word?

Cara Menghilangkan Garis Merah di Word 2010

Ketika kita selesai mengetikan sebuah kata di word biasanya ada beberapa kata yang memiliki garis merah di bagian bawahnya, fungsi garis merah di word ini adalah fitur dari word yang bernama Proofread yang bermanfaat untuk mengetahui adanya kesalahan penulisan kata atau susunan kata yang kita tulis.

Garis merah ini akan sering muncul ketika kamu menggunakan proofread dengan setingan bahasa inggris, sedangkan tulisan yang kamu buat di word menggunakan bahasa Indonesia.

Jadi pastinya akan banyak kata yang bergaris merah yang muncul.

Tapi ketika kita menyetting proofread ke bahasa Indonesia ini sangat bermanfaat untuk mengoreksi dalam tulisan bahasa Indonesia yang salah loh. Jadi tulisan yang typo akan dengan mudah terdeteksi dan kita bisa cepat membetulkannya tanpa perlu membacanya ulang dari awal sampai akhir.

Selain garis merah yang muncul, terkadang kita juga akan menemukan garis hijau muncul, lalu bagaimana cara mengatasi garis-garis merah atau hijau ini muncul di ms word 2010?

Cara Menghilangkan Garis Merah di Word 2010

Jika kamu merasakan garis merah di word ini mengganggu proses kerja kamu di word, kamu bisa mencoba salah satu cara menghilangkan garis merah di word 2010 berikut.

1. Menggunakan Menu Setting

Pertama kamu bisa menggunakan menu Setting yang ada di Word untuk menghilangkan garis merah di setiap kata yang kamu ketik dengan langkah sebagai berikut :

Cara Menghilangkan Garis Merah di Word 2010 Menu Setting
  1. Buka Menu File di word, kemudian kamu pilih menu Option pada bagian bawah.
  2. Di Menu Option ini kamu cari sub menu Proofing, kemudian kamu hapus tanda centang yang ada pada bagian Check Spelling as you type dan Mark grammar errors as you type.
  3. Jika sudah dihilangkan centangnya, terakhir kamu klik OK.

Silahkan cek kembali tulisan yang telah kamu buat, maka secara otomatis garis merah di word akan hilang.

2. Mengganti Bahasa Proofing

Untuk cara menghilangkan garis bawah merah di word 2010 lainnya kamu bisa menggunakan tools di word 2010 di bagian tab Review, untuk langkah-langkah lebih detailnya silahkan simak di bawah ini :

Mengganti Bahasa Proofing
  1. Pertama kamu masuk ke menu tab toolbar Review di Word dan kemudian kamu cari ke bagian Language
  2. Kemudian kamu pilih Set Proofing Language
  3. Pada jendela Language yang muncul kamu hapus tanda centang pada bagian Do not check spelling or grammar dan bahasanya juga kamu pilih ke bahasa Indonesia dan klik tombol OK untuk mengkonfirmasi perubahan.

Jika pilihan bahasa Indonesia pada pilihan Language tidak ada, maka kamu harus mendownloadnya terlebih dahulu. Karena ketika kita menginstall word 2010 biasanya pilihan Bahasa Indonesia tidak terinstall otomatis, jadi kita harus mengunduhnya sendiri.

Caranya sangat mudah, kamu cukup ketikan di Google dengan kata kunci Indonesian proofing tools office 2010, silahkan download dan install agar pilihan bahasa indonesia pada proofing tools dapat diaktifkan.

Itulah yang dapat kami sampaikan tentang 2 cara menghilangkan garis merah di word 2010 yang paling mudah untuk dilakukan. Semoga tutorial kali ini dapat membantu kamu mempermudah mempercepat pengerjaan yang dikerjakan menggunakan word.