Cara Mengkonsumsi Chia Seed dengan Memaksimalkan Khasiat Terbaiknya

Tahukah Anda bahwa biji Chia Seed merupakan jenis biji-bijian kaya serat berasal dari Meksiko, dan saat ini sudah banyak dikonsumsi di berbagai belahan dunia termasuk Indonesia.

Tapi, semua jenis makanan baik akan rusak kandungannya jika tidak benar dalam mengolahnya.  Oleh  karenanya berikut rekomendasi terbaik  cara Mengkonsumsi Chia Seed.

Cara Mengkonsumsi Chia Seed yang Benar

Cara Mengkonsumsi Chia Seed
  1. Mencampurkan dengan Jus

Berbagai kreasi cara mengkonsumsi Chia Seed bisa dilakukan dengan campuran yang lebih enak dan mudah dicerna. Namun, sebagai salah satu jenis makanan tinggi khasiat, tentu memahami cara mengkonsumsi yang tepat sangatlah utama.

Salah satu yang  bisa Anda gunakan yaitu dengan mencampurnya bersama jus. Bisa dicampur saat proses menghaluskan di blender atau juga bisa ditaburkan sebagai topping saat sudah siap disajikan. Pilihan keduanya tentu akan menambah rasa nikmat yang ada di jus dan juga memaksimalkan khasiatnya.

  1. Tambahan untuk Smoothie

Kebanyakan orang akan beranggapan bahwa mengkonsumsi jenis makanan ataupun hidangan sehat itu mengerikan karena tentu rasa yang ditawarkan sangat hambar, tidak sekaya bentuk olahan lainnya. Namun jika Anda bisa  mengkreasikannya  menjadi lebih nikmat, tentu itu bukanlah sebuah kekhawatiran yang perlu dipikirkan lagi.

Seperti halnya Chia Seed, berbagai cara nikmat untuk mengkonsumsinya bisa Anda gunakan, selain dicampur dengan jus juga bisa  ditambahkan dalam sajian Smoothie. Teksturnya yang lebih padat dengan ukuran kecil, akan memberikan pengalaman rasa berbeda saat dicampurkan di atas olahan ini.

  1. Sebagai Topping Oatmeal

Kandungan protein, serta, dan berbagai hal baik di dalamnya menjadikannya cocok untuk dicampurkan ke dalam segala bentuk olahan makanan dan minuman sehat, termasuk oatmeal. Walaupun harga chia seed lumayan, tapi bisa untuk dicoba sebagai bentuk varian baru.

Untuk menetralisir rasa hambar dan tekstur yang lembut dari oatmeal, selain mencampurnya dengan buah-buahan atau biji-bijian  yang rendah lemak, Chia Seed bisa jadi solusi untuk memperkaya rasanya. Teksturnya yang lebih padat akan memberikan sensasi rasa tambahan agar tidak monoton.

  1. Dicampur dengan Pudding

Pudding  dengan toping menggunakan macam-macam buah sudahlah biasanya, ditambah dengan cream keju dan sejenisnya juga sangatlah biasanya. Tetapi menggunakan Chia seed adalah hal baru yang perlu dicoba.

Kebayangkan gimana rasanya, saat olahan pudding berpadu dengan krenyes dan uniknya tekstur dari Chia Seed, tentu sangat nikmat. Bagaimana cara mencampurnya? gampang sekali, tentunya tidak jauh berbeda ketika Anda menggunakan buah sebagai topping.

Cukup taburkan dan atau campurkan biji tersebut ke dalam adonan pudding yang belum mengeras atau belum dimasak, campur merata, simple sekali bukan?

  1. Ditambahkan dalam Selai

Berbagai cara untuk mengkonsumsi Chia Seed di atas bisa dikreasikan dengan selera Anda, jika merasa terlalu biasa, bisa kemudian mencoba dengan menaburkan dan memakannya bersama  dengan roti tawar. Anda bisa menggunakannya sebagai pengganti dari selai.

caranya sangat gampang cukup oleskan ke roti, kemudian makan, sangat sederhana sekali. Jika tidak suka dengan bentuknya, bisa dimakan langsung sembari mengkonsumsi roti di bagian terpisah.

Cara Mengkonsumsi Chia Seed untuk Menurunkan Berat Badan

Karena kandungannya yang baik dan rendah lemak, tentunya tidak salah jika banyak digunakan dengan tujuan mengurangi berat badan. Namun  sebelum itu Anda harus tahu bagaimana cara mengkonsumsinya agar khasiatnya bisa maksimal.

Cara Mengkonsumsi Chia Seed untuk Menurunkan Berat Badan

Cara terbaik yang bisa dilakukan untuk memaksimalkan manfaatnya dalam menurunkan berat badan adalah dengan mencampur bersama olahan minuman Chia seed, dicampur dengan jus, dimakan dengan smoothie, dioleskan pada roti tawar, atau diaduk  bersama  dengan oatmeal, semuanya bisa dilakukan. Semua bisa  disesuaikan  dengan kebutuhan dan selera.

Manfaat Chia Seed untuk Wajah

Keberadaannya sering disamakan dengan biji selasih namun terdapat sebuah perbedaan Chia Seed dan Selasih salah satunya adalah manfaat  khususnya  untuk wajah.

Dimana dalam konsumsinya dengan kandungan serat tinggi akan membantu mengurangi berbagai masalah kulit seperti jerawat, keriput dan juga kusam. Tentunya hal ini menjadi kabar baik bagi kaum hawa.

Cara Mengkonsumsi Chia Seed di atas juga sebagai solusi untuk  memaksimalkan manfaatnya dalam tujuan tertentu. Jangan salah dalam pengelolaannya karena bisa merusak kandungan serta, dan berbagai zat baik di dalamnya.