Cara Mengolah Buah Mengkudu Untuk Peliharaan dan Kesehatan

2 min read

Banyak sekali cara mengolah buah mengkudu yang bisa digunakan untuk obat herbal alami maupun digunakan untuk pakan hewan kesayangan.

Buah mengkudu atau buah pace merupakan buah yang mudah dijumpai masyarakat. Pohon buah ini sendiri mudah ditemui apalagi di sekitaran pedesaan. Faktanya banyak yang kurang suka dengan buah pace. Rasa pahit menjadi penyebab utama.

Cara Mengolah Buah Mengkudu

Cara Mengolah Buah Mengkudu Untuk Kenari

Kenari dikenal memiliki suara yang merdu. Tapi tidak semua burung tersebut bisa bersuara demikian. Nah untuk mendongkrak performa suara kenari, Anda bisa memanfaatkan daun buah mengkudu. Cara mengolah buah mengkudu untuk kenari yang harus dilakukan cukup mudah seperti di bawah ini:

  1. Ambil dua lembar daun mengkudu yang masih segar.
  2. Kemudian cuci daun pace sampai tidak ada kotoran yang menempel.
  3. Apabila sudah di cuci bersih, siapkan panci untuk merebus dua daun tersebut.
  4. Rebus daun tersebut sampai daun mengkudu terlihat layu.
  5. Air rebusan dari daun mengkudu kemudian Anda saring.
  6. Dinginkan selama beberapa menit.
  7. Apabila sudah dingin, Anda bisa menaruhnya di kandang burung kenari.
  8. Perlu diketahui bahwa pemberian ramuan daun pace ini hanya perlu di beri beberapa hari sekali saja. Jadi jangan berikan untuk konsumsi sehari-hari.
  9. Sebenarnya ada cara mengolah buah mengkudu lain yang bisa  Anda pilih yakni dengan hanya perlu mencuci daun buah mengkudu kemudian langsung tempelkan pada kandang. Cara demikian bisa dilakukan untuk variasi tambahan.

Cara Mengolah Buah Mengkudu Untuk Ayam

Buah mengkudu juga bisa dimanfaatkan untuk meningkatkan suplemen pada ayam. Manfaat buah mengkudu ini dapat diperoleh dari ampas hasil perasan sari dari buah pace.

Jadi dari pada sisa ampas buah pace di buang begitu saja maka lebih baik dijadikan suplemen tambahan pada ayam. Di bawah ini ialah langkah dalam pembuatannya.

  1. Ambil buah mengkudu yang akan di proses pembuatan pakan tambahan pada ayam.
  2. Kemudian cuci sampai bersih buah pace yang tersedia.
  3. Mengingat yang akan digunakan ialah ampasnya. Maka cara mengolah buah mengkudu selanjutnya ialah melakukan pemarutan pada buah pace yang sudah tersedia.
  4. Buah pace yang sudah diparut setelah itu lakukan pengepresan pada parutan demikian dengan tekanan 100 bar.
  5. Setelah berlangsung selama beberapa menit, ambil ampas buah mengkudu tersebut lalu masukan siapkan oven untuk memanaskannya kembali.
  6. Taruh ampas yang sudah di beri tekanan ke dalam oven dengan suhu kurang lebih 60 derajat.
  7. Apabila sudah selesai maka kini saatnya melakukan penggilingan ampas yang sudah di oven tersebut.
  8. Setelah digiling maka ampas siap dijadikan untuk suplemen tambahan pada ayam,
  9. Campurkan ampas buah mengkudu tersebut pada pakan yang akan diberikan pada ayam.

Cara Mengolah Buah Mengkudu Untuk Darah Tinggi

Hipertensi atau darah tinggi merupakan momok menakutkan bagi masyarakat. Sebab apabila di biarkan bisa menyebabkan kerusakan lain seperti penyakit jantung dan stroke. Nah untungnya buah pace dapat digunakan untuk mengatasi tekanan darah tinggi.

Cara Mengolah Buah Mengkudu Untuk Darah Tinggi

Pemanfaatan cara mengolah buah mengkudu untuk obat darah tinggi sangatlah mudah hanya dengan membuat olahan atau jus berbahannya seperti di bawah ini:

  • Persiapkan dahulu semua bahan

Langkah pertama yang harus dilakukan tentu saja dengan menyiapkan semua bahan yang akan digunakan. Jus buah pace ini tidak hanya menggunakan buah ini saja. Rasanya yang pahit membuat Anda harus menambahkan komponen yang lain. Bisa dengan mentimun, blewah maupun dengan sari kunyit.

  • Cuci bersih semua bahan

Apabila Anda sudah menentukan bahan tambahan yang hendak digunakan maka segera cuci bahan tersebut. Entah itu mentimun, blewah maupun sari kunyit. Cuci juga buah mengkudu yang telah disediakan.

  • Buang biji buah mengkudu

Dalam buah mengkudu terdapat biji yang menyebar di setiap bagian. Biji tersebut pastikan Anda membuangnya. Sebab bila tidak maka akan membuat rasa jus menjadi aneh. Jadi pastikan setiap buah tidak menyisakan biji.

  • Tumbuk semua bahan

Cara mengolah buah mengkudu selanjutnya ialah tumbuk buah pace yang sudah terbebas dari biji. Lalu tumbuk juga bahan yang lain yang sudah Anda pilih antara mentimun, blewah maupun kunyit. Pastikan masukan satu bahan di antara ketiga tersebut. Pilih sesuai dengan selera Anda tentunya.

  • Saring pada gelas

Jika semua bahan sudah ditumbuk dengan halus. Maka langkah selanjutnya yakni melakukan penyaringan terhadap hasil tumbukan demikian. Cara yang dilakukan ialah siapkan gelas yang sudah di isi dengan gula merah. Lalu saring buah mengkudu dan bahan lain yang sudah tertumbuk terhadapnya.

  • Tambahkan air panas secukupnya

Bila sari buah mengkudu sudah diambil. Maka segera tambahkan air panas di dalamnya. Tambahkan air secukupnya saja agar cita rasa khas tetap terasa. Setelah itu, aduk sampai semua bahan tercampur dengan merata. Apabila sudah agak dingin, Anda bisa mulai meminumnya. Konsumsi olahan buah pace ini sangat baik pada pagi dan sore hari.

Cara mengolah buah mengkudu sebenarnya Anda bisa lakukan dengan memblendernya. Cara ini dilakukan bila Anda tidak mau menumbuk. Tambahan pemanis pun bukan Cuma dengan gula jawa, bisa juga dengan gula aren maupun madu. Jadi pilihlah sesuai selera masing-masing.

Itulah beragam cara mengolah buah mengkudu. Mengingat sangat bermanfaatnya buah dan daun pada pace ini maka Anda tak akan salah bila ingin memanfaatkannya. Apalagi setiap proses pembuatan dilakukan dengan tahap yang mudah untuk di ikuti.