Cara Mengukur Lingkar Dada Sebelum Membeli Pakaian

2 min read

Masalah ukuran lingkar dada kerap terjadi saat membeli pakaian. Apalagi membelinya secara online, yang jelas Anda tidak bisa mencoba barang tersebut. Mau tidak mau, Anda harus memperkirakan sendiri berapa ukuran lingkar dada yang pas. Dibawah ini adalah cara mengukur lingkar dada yang berguna ketika berbelanja online.

Cara Mengukur Lingkar Dada

Menentukan lingkar dada tidak hanya dari berat badan seseorang. Seringkali orang menyamakan lingkar dada dengan berat badan yang dimiliki. Bukan seperti itu, beginilah cara mengukur lingkar dada yang benar dilakukan :

Cara Mengukur Lingkar Dada

Menggunakan Meteran Jahit

Jika Anda pernah membuat sebuah baju, pasti tidak asing dengan meteran jahit. Biasanya meteran  ini dipakai penjahit untuk mengukur seluruh lekuk tubuh seseorang. Nah, Anda bisa melakukannya sendiri tanpa perlu repot datang ke tukang jahit.

Siapkan meteran tersebut dan mintalah bantuan ke teman Anda untuk mengikatkan pada bagian punggung dan lengan. Apabila diketahui lingkar dada sepanjang 3cm, maka Anda harus menambahkan 3cm lagi. Jadi, nantinya baju yang dipakai tidak press body melainkan sedikit longgar agar nyaman digunakan.

Cara Mengukur Lingkar Dada dengan meteran jahit

Jenis pakaian mempunyai ciri lingkar dada macam-macam, seperti pada kemeja blouse. Anda harus menambah 4cm pada lingkar dada, fungsinya untuk nyaman saat dipakai. Beda lagi jika memilih pakaian gombrong, biasanya para pedagang akan menambahi keterangan lingkar dada 120cm. Jika demikian, pakaian tersebut pantas dipakai oleh orang yang mempunyai lingkar dada 110cm atau 105cm.

Ada cara lain lagi ketika mengukur lingkar dada, yaitu menempatkan pakaian di tempat yang datar. Usahakan agar ditempatkan pada posisi yang lurus, tidak terlalu renggang dan berkerut. Ukur melintang dai posisi bawah ketiak sepanjang 5cm.

Setelah hasil didapatkan, Anda kalikan 2cm. Jadi, itulah ukuran lingkar dada yang proporsional. Apabila menggunakan cara ini, Anda tidak perlu lagi menambah panjang, karena sudah pasti nyaman bila dipakai.

Menggunakan Penggaris

Hampir sama dengan meteran, hanya saja penggaris terbatas pada ukuran panjangnya saja. Untuk cara mengukur lingkar dada, ambillah baju yang biasa Anda gunakan. Ukur mulai dari ketiak hingga bagian dada. Hasil panjang lingkar dada harus dikalikan 2. Misalnya, jika lingkar dada Anda 4cm, berarti tinggal mengalikan 2 menjadi 8cm.

Cara Mengukur Lingkar Dada Tanpa Meteran

Menggunakan jengkal jari

Jika sebelumnya adalah cara mengukur lingkar dada menggunakan meteran, namun ada kalanya hal ini membuat repot diri sendiri. Solusinya, Anda bisa gunakan setiap jengkal jari untuk menghitung lingkar dada.

Mengukur Lingkar Dada dengan jengkal jari

Umumnya, setiap jengkal jari berkisar 2cm. Jadi, Anda tinggal menghitung mulai bagian punggung hingga lingkar dada menggunakan jengkal jari. Tidak perlu menambah panjang seperti meteran, karena hitungan jengkal sudah melebih dari hitungan meteran.

Menggunakan Bahan Fleksibel

Anda bisa memanfaatkan barang-barang fleksibel seperti benang, tali, secarik kain, untuk mengukur lingkar dada. Hal ini adalah cara mengukur lingkar dada yang bagus apabila ingin memperoleh ukuran yang pas untuk setiap lekuk tubuh.

Menggunakan kertas

Apabila memilih bahan kertas untuk mengukur lingkar dada, pastikan ukuran panjang kertas ini tetap. Misalnya pada kertas karton ukuran 21 x 27 cm atau bisa juga pada uang kertas Rp 50.000 dan Rp 100.000.

Cara melakukannya, Anda bisa mulai dari punggung ke bagian dada. Tidak perlu menambahi lagi jumlah panjang lingkar dada, karena panjang kertas sudah tetap tidak berubah-ubah.

Menggunakan Tali Rafia

Anda perlu mengenal, bahwa ukuran baju setiap negara itu beda-beda. Anda tidak perlu bingung lagi apabila mengetahui lingkar dada yang dimiliki. Menggunakan tali rafia, bisa Anda gunakan untuk menentukan lingkar dada, lebih tepatnya untuk ukuran lingkar dada pria.  Potong tali rafia sepanjang 1 meter, lantas gulungkan pada area lingkar dada. Itu adalah cara ukur lingkar dada baju pria, beda lagi jika untuk perempuan.  

Jika lingkar dada dibawah 1 meter, berarti termasuk ukuran S pria, lingkar dada dengan panjang 95 cm termasuk ukuran M, lebih dari 100cm masuk dalam ukuran L, begitu seterusnya. Biasanya, ketika Anda membeli baju di toko akan ada keterangan lingkar dada maksimal 100cm. Itu bararti, lingkar dada bisa lebar lagi mencapai 100cm.

Cara Mengukur Lingkar Dada Baju Anak

Menggunakan Pita

Mengukur baju anak bisa dibilang paling susah daripada mengukur jenis baju yang lain. Untuk cara mengukur lingkar dada pada baju anak, Anda harus memposisikan mereka berdiri lurus ke arah samping. Untuk memperoleh hasil yang pas, mulailah dengan mengukur area terbesar lingkaran dada. Pilihlah pita yang tidak terlalu ketat, agar nyaman ketika pengukuran.

Cara Mengukur Lingkar Dada Baju Anak

Sebagai informasi tambahan, berikut ini adalah daftar size baju pada anak

  • Ukuran XS, bagi anak umur 6-12 tahun

Ukuran lingkar dada sepanjang 58cm

  • Ukuran S, bagi anak umur 1-3 tahun

Ukuran lingkar dada sepanjang 62cm

  • Ukuran M, bagi anak umur 3-4 tahun

Ukuran lingkar dada sepanjang 70cm

  • Ukuran L, bagi anak umur 4-6 tahun

Ukuran lingkar dada sepanjang 78cm

  • Ukuran XL, bagi anak umur 6-9 tahun

Ukuran lingkar dada sepanjang 88cm

  • Ukuran XXL, bagi anak umur 9-12 tahun

Ukuran lingkar dada sepanjang 92cm

Demikian cara mengukur lingkar dada dalam berbagai bahan. Namun, yang paling mudah adalah menggunakan meteran jahit. Selain ringkas, meteran jahit juga sudah mempunyai satuan panjang. Jika memutuskan demikian, pastikan lagi memilih jenis meteran yang fleksibel. Anda bisa menemukannya di toko jahit dengan harga kurang dari Rp 10.000

Cara Mengatasi Pipa Paralon Tersumbat Secara Cepat dan Praktis

Pipa paralon yang tersumbat mengganggu aktivitas, oleh karena itu perlu diatasi secara cepat. Ada beberapa langkah yang dapat dilakukan untuk mengatasi penyumbatan pipa paralon,...
tutor
1 min read