Cara Mengukur Tanah dengan Bantuan Aplikasi

3 min read

Tujuan cara mengukur tanah dengan bantuan aplikasi adalah untuk mengetahui ukuran tanah yang nantinya akan disesuaikan dengan berbagai kebutuhan, seperti kebutuhan jumlah material jika akan digunakan untuk membuat bangunan atau untuk keperluan jual beli tanah.

Dalam perkembangannya cara mengukur tanah kini tidak lagi sulit dengan bantuan berbagai aplikasi menghitung luas tanah atau aplikasi pengukuran tanah lainnya.

Cara Mengukur Tanah dengan Bantuan Aplikasi

Cara Mengukur Tanah dengan GPS

Dengan perkembangan teknologi yang ada, pengukuran tanah bisa dilakukan dengan menggunakan bantuan aplikasi pengukur tanah. Salah satu aplikasi yang sering digunakan untuk mengukur luas tanah adalah aplikasi GPS.

Menghitung luas tanah dengan menggunakan aplikasi GPS menjadi pilihan terbaik karena aplikasi ini akan membantu pengukuran lebih akurat. Tingkat akurasi pengukuran tanah dengan GPS tergolong tinggi dengan kemungkinan error antara 1 sampai 3 meter.

Cara Mengukur Tanah dengan GPS

Tidak hanya akurasi yang tinggi, aplikasi GPS juga akan membantu memberikan citra resolusi yang sangat tinggi dengan skala 1:5000 tentunya sangat tergantung juga dengan kekuatan sinyal GPS serta perangkat yang digunakan.

Perlu Anda ketahui jika GPS yang dimaksud disini adalah perangkat khusus yang digunakan untuk mengukur luas tanah. Nah, untuk cara mengukur tanah dengan menggunakan perangkat GPS ini cukup rumit namun jika dipelajari akan memudahkan Anda dalam pengukuran dan mendapatkan hasil yang akurat.

a. Nyalakan GPS, Tunggu Sampai Sinyal Satelit Didapatkan

Langkah pertama dari cara mengukur tanah dengan perangkat GPS adalah nyalakan alat GPS yang Anda miliki. Setelah perangkat dinyalakan, tunggu dulu beberapa saat sampai alat mendapat sinyal satelit.

b. Tentukan Tempat yang Akan Diukur

Jika sudah, langkah selanjutnya yang harus Anda lakukan adalah pergi ke area atau lokasi yang akan diukur. Setelah sampai di area yang akan diukur, pada perangkat GPS, buka menu utama. Pada menu utama tersebut, pilih pada menu ‘Kalkulasi’ kemudian lanjutkan dengan memilih menu ‘Mulai’.

c. Berjalanlah untuk Mengukur Area

Jika sudah siap, langkah selanjutnya yang harus Anda lakukan sebagai rangkaian cara Mengukur tanah dengan perangkat GPS ini adalah Anda harus berjalan di tepi area yang diukur. Berjalanlah di tepi area sepanjang yang ingin diukur.

Maka selanjutnya perangkat GPS yang akan merekam posisi dimana Anda berada secara berkala. Perangkat juga akan melacak jarak yang sudah Anda lalu dari setiap arah. Semuanya ini nantinya akan terekam pada alat GPS yang Anda gunakan.

d. Tekan ‘Enter’ atau ‘Kalkulasi’ untuk Mengetahui Hasil Pengukuran

Berikutnya jika Anda sudah selesai melakukan pengukuran, tinggal tekan tombol ‘Enter’ atau pilih menu ‘kalkulasi’ untuk mendapatkan hasil pengukuran yang sudah Anda lakukan sebelumnya. Anda pun bisa mengubah satuan pengukuran sesuai kebutuhan. Untuk mengubahnya cukup tekan tombol menu, lalu pilih ‘Ubah Satuan’ dan pilih salah satu satuan yang Anda inginkan terakhir tekan ‘Enter’.

Cara Mengukur Tanah yang Tidak Simetris

Mengukur area tanah dengan menggunakan alat ukur konvensional untuk kemudian diukur luasnya secara matematis merupakan salah satu cara mengukur tanah yang masih digunakan sampai saat ini. Namun cara ini hanya berlaku jika tanah yang diukur memiliki bentuk simetris atau bentuknya jelas, apakah persegi panjang, persegi atau bentuk simetris lainnya.

Namun, bagaimana jika tanah yang diukur memiliki bentuk yang tidak beraturan atau tidak simetris? Pengukuran dengan alat ukur biasa tentu tidak akan membantu dan tidak akan memberikan hasil yang akurat. Karena itu diperlukan metode khusus untuk pengukurannya.

Cara Mengukur Tanah yang Tidak Simetris

Apalagi di era perkembangan teknologi seperti saat ini, ada banyak aplikasi menghitung luas tanah yang bisa Anda manfaatkan. Selain cepat, hasil yang Anda dapatkan pun akurat. Salah satunya adalah dengan menggunakan aplikasi Field Area Measure. Aplikasi ini sangat direkomendasikan untuk digunakan mengukur tanah yang tidak simetris.

a. Download dan Buka Aplikasi Field Area Measure

Langkah pertama Anda harus memiliki aplikasi Field Area Measure terlebih dahulu. Aplikasi ini memiliki beberapa versi dan bisa Anda dapatkan di Playstore.  Jika Anda ingin mendapatkan aplikasi dengan fitur yang lengkap, Anda bisa memilih aplikasi versi pro yang bisa didapatkan secara berbayar dengan harga saat artikel ini ditulis seperti tertera pada gambar diatas.

b. Klik Tanda Plus (+) di Kiri Bawah Layar

Jika sudah mengunduh dan membuka aplikasi tersebut, langkah selanjutnya adalah memulai proses pengukuran. Klik tanda panah berwarna kuning yang ada di bagian kiri bawah tampilan layar.

c. Pilih menu ‘Area’ lalu Mode ‘Manual Measuring’

Selanjutnya, pada menu utama, pilih menu ‘Area’ lalu dilanjutkan dengan memilih menu ‘manual measuring’ untuk mengukur area tanah secara manual. Cara ini dilakukan dengan menyeleksi area yang mau diukur.

d. Hasil Pengukuran Ditampilkan

Terakhir, setelah proses seleksi area selesai, maka hasil pengukuran akan ditampilkan. Hasil pengukuran ini biasanya akan ditampilkan dalam ukuran luas area yang diukur dalam satuan hektar.

Cara Mengukur Tanah dengan Google Maps

Metode pengukuran tanah selanjutnya bisa Anda lakukan dengan memanfaatkan aplikasi yang sudah ada di ponsel pintar Anda, yaitu Google Maps. Cara mengukur tanah dengan Google Maps ini juga cukup sederhana.

Pertama, Anda harus membuka aplikasi Google Maps. Jangan lupa nyalakan GPS dari ponsel Anda agar Maps bisa mengenali lokasi yang akan diukur. Pastikan juga Anda membuka aplikasi ini dengan koneksi internet. Jika sudah, klik pada gambar satelit untuk mengubah tampilan maps menjadi bentuk muka bumi.

Cara Mengukur Tanah dengan google maps

Untuk mengukur tanah yang diinginkan, masukkan alat lokasi di kolom pencarian. Jika sudah ditemukan, tinggal tarik dari titik awal menuju titik akhirnya. Agar Anda bisa mendapatkan hasil yang akurat, Anda bisa zoom in area tersebut, pilih titik awal dan akhirnya, lalu klik kanan pada area yang ditandai. Setelah itu klik pada ikon ukur jarak. Maka akan ditampilkan perkiraan hasil pengukuran luas tanah sesuai yang Anda inginkan.

Demikian tadi beberapa metode atau cara mengukur tanah melalui berbagai perangkat dan aplikasi. Dengan informasi ini semoga bisa memberikan Anda informasi bagaimana mengukur tanah yang mudah dengan memanfaatkan aplikasi yang ada.

Cara Mengatasi Pipa Paralon Tersumbat Secara Cepat dan Praktis

Pipa paralon yang tersumbat mengganggu aktivitas, oleh karena itu perlu diatasi secara cepat. Ada beberapa langkah yang dapat dilakukan untuk mengatasi penyumbatan pipa paralon,...
tutor
1 min read