Cara Mengusir Lalat dengan Bawang Putih

2 min read

Cara mengusir lalat dengan bawang putih terbukti ampuh untuk memerangi hama lalat yang membuat lingkungan menjadi tidak sehat. Bagaimana tidak, setiap lalat hinggap di suatu benda ia akan menjilatinya dengan mulutnya serta buang kotoran sembarangan.

Maka dapat dibayangkan resiko yang dibawanya saat hinggap di atas makanan ataupun minuman. Dengan menggunakan cara yang ramah lingkungan, tentunya akan lebih aman bagi orang di sekitar Anda.

Cara Usir Lalat di Siang Hari dengan Bawang Putih

1. Membuat Jebakan Lalat

Sebelum menggunakan cara mengusir lalat dengan bawang putih ini, Anda perlu melakukan serangkaian persiapan sebagai berikut.

Cara Usir Lalat di Siang Hari dengan Bawang Putih
  • Langkah pertama yaitu dengan memilih bawang. Meskipun bawang kali ini akan digunakan sebagai jebakan, namun penting untuk memilih bawang putih yang masih segar. Karena bau bawang yang masih baru sangat ampuh digunakan untuk mengusir lalat. Pilihlah bawang putih berukuran besar yang masih segar dan terbungkus oleh kulit bagian luarnya.
  • Selanjutnya kupas kulit luar bawang, namun ingat jangan kupas hingga nampak bagian dagingnya. Hal ini demi mencegah agar bau bawang tidak tersebar sebelum digunakan. Jadi sisakan saja kulit yang paling dalam untuk menjaga aromanya saat dicuci.
  • Kemudian cuci bawang dengan air mengalir hingga bersih. Sebagai informasi, jangan membersihkan bawang putih dengan cara merendamnya. Karena hal tersebut dapat mengurangi kandungan nutrisi yang dibutuhkan untuk mengusir lalat.
  • Cara mengusir lalat dengan bawang putih selanjutnya, haluskan bawang secara manual. Cara manual dilakukan demi mempertahankan aroma yang ada pada bawang, Anda bisa menggunakan ulekan dan menghaluskannya secara perlahan. Namun sebelum melakukannya kupas terlebih dulu kulit bawang yang masih tersisa.
  • Apabila bawang putih sudah dihaluskan, Anda bisa menyangrainya sebentar menggunakan api kecil. Tidak perlu lama-lama, apabila bau harumnya sudah tercium Anda bisa langsung mengangkatnya. Untuk mendapatkan bau yang lebih tajam Anda juga bisa menumisnya dengan sedikit minyak goreng.
  • Setelah melakukan proses di atas, kini Anda bisa menggunakan cara mengusir lalat di siang hari  ini dengan memasukkannya ke dalam botol plastik. Apabila bawang tersebut sudah Anda masukkan maka jangan menutupnya menggunakan, dan biarkan terbuka.
  • Selanjutnya letakkan botol ini di tempat yang paling sering dikunjungi oleh lalat. Dijamin dalam waktu singkat lalat akan langsung hinggap ke dalam jebakan yang Anda buat. Bau sedap yang ada di dalam botol akan menarik perhatian lalat, kemudian kandungan sulfur yang dimilikinya akan membuat lalat mabuk seketika, sehingga tidak mudah bagi mereka untuk keluar.

Setelah jebakan digunakan, sebaiknya Anda langsung membuang botol tersebut, karena botol yang telah terkontaminasi dengan bangkai lalat akan menjadi sarang penyakit di rumah Anda.  

2. Membuat Semprotan Anti Lalat

Terdapat juga cara mengusir lalat dengan bawang putih lain yang dapat Anda praktikkan dengan mudah, yaitu dengan semprotan anti lalat. Langkah-langkah untuk membuatnya adalah sebagai berikut.

  • Hampir sama dengan cara sebelumnya, langkah pertama pilihlah bawang putih berukuran besar yang masih segar. Pastikan pula tidak ada jamur atau tanda-tanda kebusukan pada bawang.
  • Kemudian kupas kulit bagian luarnya menggunakan tangan. Cukup kupas saja kulit luarnya, dan jangan mengupas kulit terdalam yang menutupi daging.
  • Selanjutnya cucilah bawang tadi dengan air mengalir, apabila bawang sudah kering Anda bisa mengupas sisa kulit yang masih menempel.
  • Cara selanjutnya untuk mengusir lalat dengan bawang putih, cincang bawang putih kecil-kecil. Sebaiknya dalam membuat semprotan Anti lalat jangan menghaluskannya dengan cara digiling. Karena hal tersebut dapat mengurangi kandungan air di dalamnya.
  • Selesai mencincangnya campurkan garam secara merata dengan bawang putih, lalu masukkan ke botol semprot.
  • Jika semuanya sudah siap, Anda bisa memasukkan air ke dalam botol hingga penuh. Kemudian kocok hingga air di dalamnya tampak berbusa.
  • Kini Anda bisa menggunakannya untuk menyemprot area yang sering menjadi tujuan lalat. Namun perlu diingat, setelah Anda menyemprot tempat tadi dengan air bawang maka jangan dilap terlebih dulu. Sebaiknya biarkan kering secara alami agar bau yang dihasilkan oleh bawang tidak menghilang. Apabila lalat muncul kembali maka Anda bisa mengusirnya lagi dengan menyemprotkan cairan tersebut.

Selain dapat digunakan digunakan di berbagai tempat, cara mengusir lalat dengan bawang putih menggunakan semprotan ini dapat diterapkan pada tanaman yang sering dihinggapi lalat.

Dengan demikian Anda dapat mencegah perkembangbiakannya lingkungan Anda. Akan tetapi jangan berlebihan saat menggunakannya sebagai pestisida, karena sifat bawang yang panas dapat membuat daun tanaman Anda menjadi kering.

Cara Mengatasi Pipa Paralon Tersumbat Secara Cepat dan Praktis

Pipa paralon yang tersumbat mengganggu aktivitas, oleh karena itu perlu diatasi secara cepat. Ada beberapa langkah yang dapat dilakukan untuk mengatasi penyumbatan pipa paralon,...
tutor
1 min read