7 Tips dan Cara Merawat Organ Pernapasan

2 min read

Apa pentingnya mengetahui cara merawat organ pernapasan ? seperti yang diketahui organ ini berfungsi untuk menjalankan proses respirasi, kemudian bertugas mentransfer dan mengalirkan oksigen menuju pembuluh darah di seluruh tubuh sehingga enting bagi kelangsungan hidup.

Apabila organ pernapasan tidak bekerja secara maksimal, maka akan mengganggu rangkaian proses tersebut.

Cara Merawat Organ Pernapasan

Oleh karena itu, penting menjaga agar organ pernapasan tetap dalam kondisi baik. Berikut cara merawat organ pernapasan pada tubuh.

Cara Merawat Organ Pernapasan

1. Menerapkan Pola Makan yang Sehat

Pola makan yang sehat harus diterapkan untuk menjaga kesehatan. Pola makan sehat ini meliputi asupan gizi seimbang dari makanan yang bernutrisi. Umumnya, orang mengenal pola makan sehat dalam istilah 4 sehat dan 5 sempurna. Pola makanan ini dapat divariasikan dalam berbagai olahan agar tidak bosan mengonsumsi setiap hari.

Adapun makanan sehat yang dipercaya dapat membantu menjaga kesehatan organ pernapasan antara lain ikan laut, kacang-kacangan, daging merah, serta hasil olahan susu seperti keju. Yang perlu dihindari adalah makanan dengan kadar pemanis dan klorin tinggi. Selain tidak baik untuk pernapasan, makanan tersebut juga bisa memicu kadar gula darah naik.

2. Menggunakan Masker pada Area yang Banyak Debu dan Polusi

Cara merawat organ pernapasan selanjutnya yaitu melakukan langkah antisipasi jika berada dalam area yang banyak mengandung debu dan polusi. Langkah antisipasi ini bisa berupa penggunaan masker, baik masker kesehatan maupun masker kain.

Cara Merawat Organ Pernapasan dengan Masker

Poin penting dari penggunaan masker untuk kesehatan organ pernapasan adalah demi mencegah masuknya zat-zat berbahaya ke dalam tubuh. Debu dan polusi yang tanpa sengaja terhirup bisa membuat organ pernapasan bekerja ekstra, agar zat-zat berbahayanya tersaring sehingga tidak ikut masuk. Penggunaan masker dapat membantu proses filterisasi ini.

3. Menjaga Kebersihan Udara di Lingkungan Sekitar

Menjaga kebersihan udara juga menjadi salah satu cara merawat organ pernapasan yang penting diperhatikan. Udara yang diperlukan untuk proses respirasi adalah kaya oksigen, sehingga idealnya udara di lingkungan sekitar harus mengandung banyak oksigen dan sedikit unsur karbondioksida apalagi karbonmonoksida.

Cara untuk menjaga kebersihan udara di sekitar bisa dengan menanam tumbuhan hijau. Tumbuhan menghasilkan oksigen dan menyerap karbondioksida melalui fotosintesis sehingga cara ini termasuk alami. Selain itu, bisa juga dengan memasang humidfier yang bisa mengatur kelembapan udara.

4. Melakukan Olahraga Secara Rutin

Olahraga secara rutin juga menjadi salah satu dari 7 cara merawat organ pernapasan secara alami. Cara ini murah meriah, tidak membutuhkan banyak biaya, hanya perlu niat. Olahraga yang bisa dilakukan misalnya jogging, bersepeda, dan lain-lain. Olahraga pun bisa dilakukan di dalam rumah, seperti lompat tali, zumba, dan masih banyak lagi.

Dengan melakukan aktivitas olahraga secara rutin, penelitian menunjukkan adanya dampak positif bagi organ tubuh manusia, termasuk organ pernapasan. Selama olahraga yang dilakukan tidak memberatkan tubuh, gerakan fisik dapat menjaga organ pernapasan tetap dalam kondisi sehat untuk waktu yang lama.

5. Mengurangi Bahkan Menghentikan Aktivitas Merokok

Merokok sangat berbahaya bagi kesehatan tubuh, terutama kesehatan organ pernapasan. Maka salah satu cara merawat organ pernapasan yang harus dilakukan adalah mengurangi bahkan menghentikan aktivitas merokok. Tidak hanya orang yang merokok saja yang bisa terkena bahaya, tapi siapapun yang menghirup napas rokok tersebut bisa terpapar.

Cara Merawat Organ Pernapasan hentikan merokok

Baik bagi perokok aktif maupun perokok pasif sama-sama mempunyai potensi besar menderita gangguan pernapasan akibat rokok. Kandungan nikotin dan tar di dalam rokok berbahaya bagi organ pernapasan jika dihirup dalam jangka waktu lama. Oleh karena itu, sebaiknya menghindari segala jenis rokok sebagai ikhtiar menjaga kesehatan organ pernapasan.

6. Menghentikan Konsumsi Minuman Beralkohol

Cara merawat organ pernapasan selanjutnya yaitu dengan menghentikan segala bentuk konsumsi minuman beralkohol. Bagi sebagian orang, alkohol menjadi minuman yang sarat manfaat meskipun efek sampingnya cukup membahayakan jika tidak diperhatikan.

Alkohol berpotensi merusak organ tubuh manusia. Terkhusus pada organ pernapasan, alkohol bisa merusak kerongkongan hingga paru-paru. Apabila dikonsumsi dalam jangka panjang dan dengan dosis besar, bahkan bisa memicu terjadinya kanker.

7. Menjadwalkan Waktu Istirahat yang Cukup

Meskipun kelihatannya mudah, cara satu ini sebenarnya lumayan sulit dilakukan. Apalagi bagi para pekerja yang mempunyai jam kerja padat. Padahal istirahat yang cukup sangat berperan penting dalam pembentukan sistem imun, sehingga tubuh terlindungi dari segala penyakit.

Tidak hanya itu, dengan istirahat yang cukup setidaknya bisa berinvestasi kesehatan jangka panjang bagi organ tubuh, termasuk organ pernapasan. Bagi orang dewasa, tidur yang cukup berkisar antara 7 sampai 8 jam per hari, sedangkan bagi anak-anak bisa sampai 10 jam.

Itulah 7 cara merawat organ pernapasan yang dapat dilakukan. Dengan menerapkan langkah-langkah tersebut secara rutin dan teratur, maka kondisi organ pernapasan bisa senantiasa terjaga, baik organ yang bisa terlihat seperti hidung maupun organ yang terletak di dalam tubuh.

Organ pernapasan yang sehat berpengaruh terhadap kekuatan dan energi yang dihasilkan oleh tubuh, sehingga sangat penting selalu menjaga kesehatannya.

Cara Mengolah Buah Mengkudu Untuk Peliharaan dan Kesehatan

Banyak sekali cara mengolah buah mengkudu yang bisa digunakan untuk obat herbal alami maupun digunakan untuk pakan hewan kesayangan. Buah mengkudu atau buah pace merupakan...
tutor
2 min read