Cara Penggunaan Panci Presto untuk Berbagai Makanan

2 min read

Panci presto memiliki tutup yang bisa menutup dengan sangat rapat dan mencegah uap panas keluar atau bocor. Hal tersebut membuat panci presto menghasilkan tekanan panas yang lebih baik dibanding panci biasa.

Cara penggunaan panci presto pun dapat lebih singkat dari cara memasak dengan panci biasa. Panci presto dapat digunakan untuk memasak nasi, mengukus kue, hingga memasak daging.

Cara Menggunakan Panci Presto Maxim

Panci presto Maxim merupakan salah satu panci bertekanan tinggi yang dapat digunakan untuk memasak nasi. Proses memasak nasi dengan panci presto juga lebih singkat.  Cara penggunaan panci presto untuk memasak nasi adalah sebagai berikut.

Cara Menggunakan Panci Presto Maxim
  1. Memeriksa panci presto dan pastikan tidak ada bagian yang rusak.
  2. Cuci panci presto sebelum digunakan untuk memasak dan pastikan panci benar-benar bersih.
  3. Mengisi panci presto menggunakan air sebanyak satu gelas atau maksimal setengah dari kapasitas panci. Memasak nasi atau bahan makanan yang berbuih lainnya tidak boleh menggunakan air terlalu banyak maksimal adalah setengah dari panci.
  4. Memasukan bahan makanan atau nasi yang sudah dicuci ke dalam panci presto.
  5. Menutup panci hingga benar-benar rapat di semua bagian sisinya.
  6. Kunci panci dengan menggeser kunci pada bagian tutup panci ke arah kanan.
  7. Nyalakan api dengan suhu tinggi atau api besar untuk memasak dengan panci presto.
  8. Setelah terdengar bunyi, kecilkan nyala api ke suhu yang lebih rendah.
  9. Jika nasi sudah masak, matikan api dan tunggu panci mendingin.
  10. Tunggu katup panci turun yang menandakan uap panas di dalam panci sudah turun. Cara penggunaan panci presto penting untuk selalu memperhatikan bagian katup.
  11. Buka panci pelan-pelan dan angkat nasi yang sudah matang.

Cara Menggunakan Panci Presto Happy Call

Panci bertekanan tinggi seperti panci presto bisa digunakan untuk memasak adonan kue, baik untuk mengukus atau seperti memanggang kue.

Cara Menggunakan Panci Presto Happy Call

Cara penggunaan panci presto tidak jauh berbeda dengan memasak bahan makanan lainnya. Berikut adalah langkah-langkah yang diperlukan untuk mengukus adonan kue menggunakan panci presto Happy Call.  

  1. Masukan adonan kue ke dalam wadah besar yang sesuai dengan ukuran panci presto.
  2. Siapkan panci presto dan pastikan panci tidak rusak serta kondisinya sudah bersih untuk mengukus kue. Sebelum panci digunakan sebaiknya panci presto sudah dicuci terlebih dulu hingga benar-benar bersih.
  3. Lepaskan tutup panci dan beri air pada panci sekitar 1 gelas. Jika Anda ingin memasak kue seperti oven, gasket pada panci presto bisa dilepas terlebih dahulu dan untuk airnya bisa diganti dengan garam.
  4. Siapkan kompor dan pastikan tatakan untuk dasar panci stabil sehingga saat memasak nanti aman dan panas api bisa menyebar rata untuk memasak kue. Siapkan panci presto dan panaskan sekitar 2 menit dengan api besar.
  5. Disarankan untuk menggunakan api besar pada awal penggunaan panci presto. Setelah katup berputar, api dapat dikecilkan. Langkah tersebut adalah untuk mencegah permasalahan pada panci presto seperti Katup panci presto tidak berputar
  6. Masukan adonan kue yang sudah disiapkan. Gunakan sarung tangan karena panci presto sudah panas.
  7. Tutup dan kunci panci presto untuk dilanjutkan mengukus kue.
  8. Kecilkan api menjadi suhu sedang dan kukus hingga matang.
  9. Apabila ingin memanggang kue dengan panci presto, gunakan api sedang untuk memanggang sekitar 5 menit.
  10. Kecilkan api ke suhu paling rendah untuk memanggang adonan kue dengan durasi sesuai pada resep.
  11. Cara penggunaan panci presto untuk mengukus adonan bisa langsung menggunakan api sedang hingga adonan mengembang dan matang.
  12. Setelah adonan kue matang, matikan kompor dan biarkan suhu pada panci mendingin. Angkat kue dan sajikan.

Cara Menggunakan Panci Presto Oxone

Panci presto Oxone bisa digunakan sebagai panci multifungsi. Penggunaan yang paling sering adalah untuk memasak ayam atau daging. Langkah-langkah untuk memasak ayam menggunakan panci presto agar daging empuk antara lain sebagai berikut.

Cara Menggunakan Panci Presto Oxone
  1. Memastikan panci bersih dari kotoran atau sisa-sisa makanan, baik di dalam maupun bagian luar panci. Pastikan juga semua bagian panci tidak rusak dan berfungsi baik.
  2. Memasukan bahan makanan ke panci presto.
  3. Beri air secukupnya sesuai daging atau ikan yang dimasak. Hal yang perlu diingat untuk cara penggunaan panci presto adalah bagian dalam panci harus diberi ruang kosong setidaknya 1/3 bagian.
  4. Tutup hingga terdengar bunyi klik dan kunci dengan memutar pengunci yang ada di atas tutup panci.
  5. Letakkan panci presto yang sudah ditutup dengan rapat ke atas kompor dan kemudian kompor bisa dinyalakan untuk memasak.
  6. Biarkan panci memasak bahan makanan Anda sesuai waktu yang ditentukan. Cara memasak ayam dengan panci presto membutuhkan waktu sekitar 20 menit agar daging benar-benar empuk. Lamanya memasak sendiri tergantung dari jenis bahan makanan yang dimasak dan jumlahnya.
  7. Setelah masak, matikan kompor dan biarkan tekanan uap panas di dalam kompor keluar. Panci presto Oxone sendiri sudah menggunakan jenis katup pegas sehingga tidak perlu menunggu lama untuk membuka panci. Namun sebaiknya buka panci presto dengan pelan-pelan karena uap panas di dalam panci masih ada.
  8. Buka penutup dan kunci pada panci presto dengan cara menggesernya ke arah kiri. Panci aman untuk dibuka dan bahan makanan sudah bisa diambil untuk dinikmati atau dimasak lagi.

Itulah beberapa langkah yang diperlukan untuk cara penggunaan panci presto yang baik dan benar. Memasak dengan panci presto sebaiknya tidak ditinggal agar masakan tidak terlalu matang atau rusak.