Panduan Cara Mematikan Timer AC Panasonic dengan Mudah

1 min read

Mesin pendingin atau AC Panasonic termasuk salah satu yang banyak digunakan oleh masyarakat. Pengguna terkadang tidak begitu paham dengan fitur-fitur yang ada pada AC Panasonic.

Salah satu masalah yang paling sering terjadi adalah tidak tahu bagaimana cara mematikan timer AC Panasonic. Self timer pada AC Panasonic sebenarnya bisa dinonaktifkan dengan mudah dengan beberapa cara berikut.

Cara Mudah Mematikan Timer AC Panasonic

Cabut Stop Kontak ke AC Untuk Sementara

Menggunakan AC dan lupa mematikan fitur timer sering kali menjadi penyebab masalah pada mesin pendingin ruangan tersebut. Fitur timer pada AC harus selalu diperhatikan untuk mencegah mesin rusak seperti AC yang mendadak mati atau menyala sendiri. Permasalahan pada mesin AC untuk kerusakan yang ringan sebenarnya bisa diatasi dengan memutus aliran listrik pada AC untuk sementara.

cara mematikan timer ac panasonic

Cara mematikan timer AC Panasonic yang paling mudah dilakukan adalah dengan mencabut colokan atau stop kontak yang terhubung ke AC. Setelah stop kontak AC dicabut, biarkan selama 2 hingga 5 menit. Tunggu sebentar dan biarkan AC tidak dialiri listrik. Saat aliran listrik dihentikan, biasanya kinerja AC akan kembali normal.

Setelah beberapa menit, AC bisa kembali dinyalakan dengan menghubungkan stop kontak ke aliran listrik. Cara ini adalah yang paling mudah agar timer dan AC dapat kembali berfungsi secara  normal. Setelah itu, Anda bisa menggunakan cara mematikan timer AC Panasonic menggunakan remote AC untuk mengatur mesin pendingin tersebut.

Pasang Ulang Baterai Pada Remote AC

Apabila remote untuk mematikan timer AC Panasonic tidak bekerja atau rusak, maka lepas baterai pada remote tersebut. Biarkan sekitar 2 menit dan pasang kembali baterai pada remote.

Pasang Ulang Baterai Pada Remote AC

Jika berhasil, remote dapat digunakan dan cara mematikan timer AC Panasonic bisa dilakukan dengan pengaturan pada remote tersebut.

Reset Remote AC

Lampu timer yang berkedap-kedip terjadi karena setting atau pengaturan pada timer AC. Cara mematikan timer agar lampu tidak berkedap-kedip adalah dengan menekan tombol cancel pada remote. Selain dengan tombol cancel, mematikan timer AC Panasonic juga bisa dilakukan dengan cara reset.

Tombol reset pada AC Panasonic cukup kecil, jadi Anda bisa menggunakan tusuk gigi atau benda lain untuk menekan tombol tersebut. Selanjutnya nyalakan AC kembali dan timer sudah dinonaktifkan.

Cara Reset Remote AC Panasonic

Itulah beberapa langkah-langkah  yang bisa dilakukan untuk cara mematikan timer AC Panasonic. Timer pada AC perlu dimatikan, apabila akan ditinggalkan cukup lama seperti mudik atau pergi ke luar kota. Apabila self timer dibiarkan, maka AC menyala otomatis sesuai timer dan menghabiskan banyak listrik.

Menggunakan Remote AC Universal

Namun jika remote AC ternyata rusak dan tidak bisa mematikan timer, pengguna AC Panasonic bisa memanfaatkan remote universal. Panasonic memang memberikan remote universal yang bisa digunakan apabila remote utama AC tidak dapat bekerja atau rusak.  

Remote AC Universal

Cara menonaktifkan timer AC Panasonic menggunakan remote universal pun cukup mudah. Langkah pertama adalah dengan menyalakan AC terlebih dahulu. Selanjutnya tekan pada tombol temp dan masukan kode untuk AC Panasonic yang digunakan. Lakukan berulang-ulang hingga remote bisa digunakan untuk mematikan timer AC.

Cara Mengatasi Pipa Paralon Tersumbat Secara Cepat dan Praktis

Pipa paralon yang tersumbat mengganggu aktivitas, oleh karena itu perlu diatasi secara cepat. Ada beberapa langkah yang dapat dilakukan untuk mengatasi penyumbatan pipa paralon,...
tutor
1 min read