Cara Mengutip dari Website Sesuai Kaidah

2 min read

Ketika Anda menulis karya ilmiah, referensi yang Anda jadikan rujukan tentu tidak hanya berasal dari media cetak saja, melainkan juga menggunakan media elektronik seperti website.

Secara umum cara mengutip dari website sama seperti aturan ketika mengutip dari sumber media cetak.

Cara Mengutip dari Website untuk Skripsi

Cara Mengutip dari Website untuk Skripsi
  1. Mencantumkan nama penulis

Cara mengutip dari website harus mencantumkan nama penulis. Penulisannya menggunakan huruf kapital pada setiap awal nama. Nama penulis juga bisa berupa lembaga. Kaidah penulisannya menggunakan huruf kapital pada setiap awal kata.

  1. Menuliskan tahun penerbitan

Tahun penerbitan ini dituliskan setelah penulisan nama yang dipisahkan dengan tanda koma dan spasi. Penulisan nama dan tahun terbit ini berada pada akhir kalimat dan tertulis dalam tanda kurung biasa.

Jangan lupa untuk selalu melakukan parafrasa dari sumber yang Anda jadikan rujukan, supaya tidak terjadi plagiarisme. Sebab, dalam penulisan karya ilmiah skripsi ataupun yang lainnya tidak diperkenankan adanya plagiarisme.

Cara Mengutip Daftar Pustaka dari Website

Cara Mengutip Daftar Pustaka dari Website
  1. Mulai daftar pustaka dengan nama penulis

Ketika dalam sumber terdapat nama penulis, maka Anda harus menuliskannya terlebih dahulu. Tata cara penulisannya yaitu dengan menuliskan nama belakang baru diikuti dengan nama depan. Jika terdapat nama tengah, maka letakkan setelah nama depan.

Pihak penulis tidak hanya berupa individu, melainkan juga bisa berupa organisasi. Ketika pihak penulis merupakan sebuah organisasi tertentu, maka Anda cukup menuliskan nama lengkap dari organisasi terkait dan diikuti dengan tanda titik.

  1. Menambahkan tahun terbit situs web terkait

Tahun terbit ini dicantumkan setelah pencantuman nama penulis. Tahun terbit ini dituliskan dalam tanda kurung biasa. Kemudian diakhiri dengan tanda titik.

Dalam beberapa website, terdapat beberapa yang tidak terdapat informasi tanggal terbit. Dalam hal ini, Anda perlu menuliskan keterangan tidak ada tanggal atau no date dengan singkatan n.d.. Penulisan keterangan tersebut ada di dalam kurung.

  1. Menuliskan judul laman website

Judul dituliskan setelah penulisan tahun terbit. Sebelumnya perlu ada jarak spasi. Judul ini dituliskan menggunakan huruf kapital pada setiap awal kata. Pada bagian akhir judul berikan tanda titik.

  1. Cantumkan URL laman website yang dirujuk

Cara mengutip dari website pada laman website juga merujuk pada URL tertentu. Anda cukup menyalinnya, kemudian meletakkan setelah judul halaman. Pada bagian URL ini, Anda tidak perlu menambahkan tanda titik.  

Cara Mengutip dari Website Tanpa Penulis

  1. Menuliskan alamat website

Alamat website ini dicantumkan di akhir kalimat dan dituliskan dalam tanda kurung. Penulisan alamat ini, tidak perlu dicantumkan secara lengkap.

Anda hanya perlu menuliskan nama dari situs yang dirujuk dan dilengkapi dengan alamat singkat. Yang dimaksud dengan alamat singkat yaitu menggunakan alamat pada halaman utama dari website yang dirujuk.

  1. Membuat entri sumber untuk mengutip halaman tertentu pada laman website

Pada beberapa website tidak mencantumkan nama penulis. Maka Anda  dapat menuliskan judul halamannya dahulu.

Judul ini ditulis menggunakan huruf kapital pada setiap awal kata dan huruf awal pada nama orang. Setelah penulisan judul ini, Anda perlu menambahkan tanda titik di bagian akhir kalimat.

  1. Menuliskan tanggal terbit halaman website

Tanggal terbit halaman website yang dimaksud adalah tanggal yang tercantum pada hak cipta atau tanggal yang merupakan waktu pembaruan yang terakhir dilakukan. Namun, tidak semua website mencantumkan tanggal ini.

Ketika Anda tidak menemukan tanggal ini, maka Anda dapat menggantinya dengan memberikan keterangan tertentu. Keterangan ini berupa tanpa tanggal, jika menggunakan bahasa Indonesia, atau no date jika menggunakan bahasa Inggris.

Keterangan cukup disingkat dalam penulisannya menjadi n.d. Anda harus menuliskannya dalam tanda kurung biasa.

  1. Tuliskan judul laman website  bercetak miring

Judul ini dituliskan dengan didahului kata dalam jika menggunakan bahasa Indonesia atau kata ini jika menggunakan bahasa Inggris. Setelah judul laman dituliskan, Anda dapat menambahkan tanggal akses beserta URL.

Anda perlu memperhatikan cara mengutip dari website dengan baik. Anda perlu memahami bagian mana yang disebut situs web, halaman web, maupun URL. Selain itu, Anda juga perlu teliti untuk mengidentifikasi tahun terbit.

Cara Menyatukan File PDF Menjadi Satu Secara Online Maupun…

PDF merupakan sebuah file yang banyak orang gunakan dalam kehidupan sehari-hari, termasuk juga saat hendak melamar pekerjaan melalui email. Tentunya, berkas yang hendak para...
tutor
2 min read

Cara Memperkecil Ukuran File PDF Menjadi 300 Kb Secara…

Besarnya ukuran dari sebuah file PDF merupakan salah satu kendala saat hendak mengirim file tersebut ke orang lain atau untuk keperluan pendaftaran CPNS misalnya....
tutor
2 min read

Cara Buat Bit.Ly dengan Mudah Tanpa Ribet

Mungkin Anda pernah melihat teman atau orang lain membagikan link konten. Link tersebut berbeda karena sangat pendek tetapi mengarah ke situs tertentu bahkan file...
tutor
2 min read